Jokowi Resmikan TPA Griya Mulyo Jabon

Jokowi Resmikan TPA Griya Mulyo Jabon

Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti TPA di tiga kota, Malang, Mojokerto, dan Sidoarjo di TPA Supit Urang, Kota Malang, Kamis, 14 Desember 2023.-Humas Pemkab Sidoarjo-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga tempat pemrosesan akhir (TPA). Di antaranya, TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

Sebagai tanda diresmikannya ketiga TPA tersebut, Presiden bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, serta Pj. Bupati Jombang, Sugiat menekan tombol peresmian secara bersama-sama. 

Jokowi mengatakan, persoalan sampah menjadi persoalan yang sangat serius. Apabila  bila sampah tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan berbagai permasalahan. 

"Mulai masalah sosial, masalah kesehatan, dan juga menimbulkan bencana. Seperti pencemaran lingkungan, pencemaran sumber air, dan juga menyebabkan banjir," katanya dalam kunjungannya di TPA Supit Urang, Kota Malang, Kamis, 14 Desember 2023.

BACA JUGA:Sabarrr...Kemacetan Arah Sidoarjo ke Surabaya di FO Djuanda Masih Berlangsung Sepekan Ke Depan

BACA JUGA:FO Djuanda Dibuka Besok, Kendaraan Dari Arah Sidoarjo Masih Terjebak Bottleneck Siang Ini

Ia juga menambahkan, volume sampah akan terus bertambah. Untuk itu diperlukan TPA yang ditata dengan baik dan memiliki fasilitas teknologi pengelolaan yang modern, serta sistem pengelolaan dan manajemen yang baik.

“Saya tahu pengelolaan sampah itu tidak mudah. Mengatur satu tempat saja sulit apalagi jika satu kota/kabupaten, satu provinsi atau dalam satu negara. Sekarang sudah banyak model TPA yang beroperasi dengan baik. Ini bisa menjadi contoh pengelolaan sampah bagi kota-kota atau daerah lain yang mengalami persoalan sampah," jelasnya.

Jokowi berharap, dengan meresmikan tiga TPA ini akan membantu persoalan sampah di daerah tersebut. 


Presiden Joko Widodo meninjau TPA Supit Urang, Kota Malang, Kamis, 14 Desember 2023.-Humas Pemkab Sidoarjo-

"Hari ini kita resmikan tiga TPA modern di Provinsi Jawa Timur semoga akan membantu persoalan sampah, mengurangi pencemaran lingkungan, serta permasalahan lainnya khususnya di Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Jombang,” imbuhnya.

Sekedar informasi, TPA Jabon yang dikenal dengan TPA Griyo Mulyo di Kabupaten Sidoarjo ini dibangun dengan anggaran Rp 384 miliar di luas lahan 29 hektare. Berkapasitas 1.650.000 meter kubik dan daya tampung sampahnya mencapai 450 ton per hari. 

BACA JUGA:Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Diskominfo Sidoarjo Gelar Sosialisasi P4GN

BACA JUGA:Satlantas Polresta Sidoarjo Edukasi Tertib Lalin di SDN Gedangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: