PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) Peroleh Pinjaman Sindikasi Rp 4,6 Triliun untuk Proyek Ekspansi dan Pertumbuhan Tahun 2024

PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) Peroleh Pinjaman Sindikasi Rp 4,6 Triliun untuk Proyek Ekspansi dan Pertumbuhan Tahun 2024

Dari kiri ke kanan Octavianus Santoso, Djanarko Tjandra, Imelda Harsono, Rachmat Harsono, dan Nini Liemijanto dalam acara Public Expose (Paparan Publik Tahunan 2023) di Surabaya, 14 Desember 2023. -PT Samator Indo Gas Tbk -

HARIAN DISWAY - PT Samator Indo Gas Tbk (Kode Bloomberg: AGII IJ) telah sukses meraih Pinjaman Sindikasi sebesar Rp 4,6 Triliun, menandai langkah strategis perusahaan dalam mendukung proyek hilirisasi industri nasional yang dijadwalkan pada 2024 mendatang.

Pinjaman ini diperoleh melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra perbankan, termasuk Bank Danamon, Bank OCBC NISP, Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga, dengan Bank CIMB Niaga berperan sebagai Facility Agent dan Security Agent.

Menurut Direktur Utama PT Samator Indo Gas Tbk, Rachmat Harsono, dana dari pinjaman sindikasi sebesar Rp 4,6 Triliun tersebut akan didedikasikan untuk mendukung kebutuhan Modal Belanja (CAPEX) tahun 2024.

Anggaran CAPEX untuk tahun mendatang telah diestimasi antara Rp 1 Triliun hingga Rp 1,1 Triliun. Harsono optimis bahwa langkah ini akan memberikan dorongan signifikan terhadap proyek-proyek operasional di sektor Infrastruktur dan Manufaktur lainnya. 

BACA JUGA: Samator Indo Gas Catatkan Penjualan Kuartal I 2023 Sebesar Rp 678,578 Miliar

"Secara operasional, kami menganalisa proyek tahun berikutnya akan berangkat dari potensi pertumbuhan yang baik dari sektor Infrastruktur dan Manufaktur Lainnya, terutama karena kami memiliki kesempatan untuk berperan secara strategis dalam proses pengolahan bahan mentah milik pelanggan.” ujarnya.

Lebih lanjut, Harsono mengungkapkan target pertumbuhan Total Pendapatan sebesar 9,6 persen paada 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pendapatan ini diharapkan akan menggambarkan kontribusi positif dari proyek-proyek strategis yang tengah dijalankan, membuktikan komitmen perusahaan dalam menghadirkan pertumbuhan yang berkesinambungan.
PT Samator Indo Gas Tbk ketika mengadakan Public Expose di Surabaya pada 14 Desember 2023, mengungkapkan sukses meraih Pinjaman Sindikasi sebesar Rp 4,6 Triliun. -PT Samator Indo Gas Tbk -

Harsono juga memaparkan bahwa alokasi Belanja Modal (CAPEX) hingga akhir September 2023 mencapai Rp 257,8 miliar, dengan fokus utama pada ekspansi bisnis dan penambahan sarana distribusi.

Sementara itu, anggaran CAPEX tahun berikutnya akan dipengaruhi oleh pembangunan dua pabrik besar, yaitu pabrik ke-56 di Batang, Jawa Tengah, dan pabrik ke-57 yang akan melayani PT Infineon Technology di Batam, Kepulauan Riau. 

Sejalan dengan pengumuman perolehan pinjaman sindikasi, PT Samator Indo Gas Tbk juga mengadakan Paparan Publik Tahunan atau Public Expose (Pubex) di Novotel Samator Surabaya Timur.

Dalam acara tersebut, Manajemen Perseroan menyoroti pertumbuhan Total Penjualan Perusahaan sebesar 8,7 persen hingga akhir September 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Manajemen juga menegaskan komitmen terhadap nilai keberlanjutan, mencakup pemanfaatan panel surya dan program Corporate Social Responsibility (CSR) Terus Sehat Meraih Mimpi, yang bertujuan untuk menyediakan akses kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. 

BACA JUGA: Warisan Kuliner Peranakan Ada di The Heritage by Novotel Samator Surabaya Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: