Atikoh, Istri Ganjar Ingin Pemerintah Peduli Perkembangan UMKM dan Kaum Disabikitas

Atikoh, Istri Ganjar Ingin Pemerintah Peduli Perkembangan UMKM dan Kaum Disabikitas

Siti Atikoh, istri capres Ganjar Pranowo melihat produk umkm Sidoarjo.-Eko Setiawan-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Sudah beberapa hari belakangan, Siti Atikoh Supriyanti giat turun ke masyarakat Jawa Timur. Itulah yang dilakukan istri calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo untuk menyerap aspirasi rakyat.

Kali ini, Selasa, 19 Desember 2023, giliran Kabupaten Sidoarjo yang menjadi jujukannya. Di Kota Delta -sebutan Kabupaten Sidoarjo- Atikoh bertemu sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengolahan ikan bandeng di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Kedatangannya, disambut gembira warga. "Saya ingin usaha mereka bisa lebih berkembang lagi," ujar Atikoh, Selasa, 19 Desember 2023.

Ia mengharapkan pemerintah nantinya, dapat lebih memperhatikan para pelaku UMKM. Mulai memberikan program pembinaan dan pelatihan kaum ibu-ibu. Agar, apa yang mereka kerjakan saat ini, bisa semakin berkembang, dan dapat menumbuhkan pelaku UMKM yang baru.

BACA JUGA:Puti: Ganjar-Mahfud Jadi Presiden, UMKM Maju

BACA JUGA:Ganjar Ajak Periset IPB 'Sat-Set' Wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional

"Program itu untuk meningkatkan nilai jual produk mereka. Karena, hasil panen seperti ikan di Sidoarjo ini perlu dilakukan pengolahan, agar meningkatkan nilai jualnya," katanya.

Pemerintah juga perlu memperhatikan bantuan permodalan dan pemasarannya, kata Atikoh. Ini, untuk memberikan dukungan pelaku UMKM bisa bersaing ke pangsa pasad yang lebih luas lagi.

Selain terkait pengembangan pelaku UMKM, Atikoh juga banyak menyerap aspirasi warga di Jawa Timur. Antara lain, terkait dengan bahan pangan dan bumbu-bumbu dapur yang sedang melambung tinggi.

"Tentang harga sembako naik itu, dan bahan dapur yang akan menambah beban berat sektor rumah tangga. Itulah pemerintah nanti harus hadir mencarikan solusinya," kata Atikoh.

BACA JUGA:Istri Ganjar Terjun ke Jateng-Jatim, Identifikasi Masalah Warga untuk Solusi Ganjar-Mahfud

BACA JUGA:Cara Ganjar Pranowo Bangkitkan Geliat Industri Tembakau Nasional

Termasuk, terkait dengan sistem pendidikan kaum difabel, lanjut Atikoh, maupun lapangan pekerjaanya. "SDM pendidik juga ditingkatkan, termasuk, pendidikan inklusinya. Agar tidak putus, dan bisa menjadi wadah bagi mereka, sesuai kemampuan dan keahliannya," ujarnya.

Berbagai aspirasi itulah yang diperolehnya selama melakukan safari politik Itulah yang akan disampaikan kepada pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud. Untuk bahan perumusan dan memperdalam visi-misi, maupun menentukan arah kebijakan negara ke depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: