Ajak Anak Muda Asah Kemampuan, SSV dan FIKOM UC Surabaya Gelar Workshop Elevate Your MC Skills

Ajak Anak Muda Asah Kemampuan, SSV dan FIKOM UC Surabaya Gelar Workshop Elevate Your MC Skills

Serikat Sosial Vincensius Surabaya (SSV) serta mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra (FIKOM UC) Surabaya foto bersama peserta workshop Elevate Your MC Skills yang diselenggarakan di SMPK Santo Vincentius Surabaya pada 2-3 Desember 2023. -SSV-

HARIAN DISWAY – Akhir pekan diisi belasan siswa SMPK Santo Vincentius Surabaya dengan mengikuti pengalaman yang berbeda dan produktif. Mereka mengikuti pelatihan di bawah bimbingan Serikat Sosial Vincensius Surabaya (SSV) serta mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra (FIKOM UC) Surabaya.

Acara diselenggarakan selama dua hari penuh yakni pada 2 hingga 3 Desember 2023 di SMPK Santo Vincentius Surabaya yang beralamat di Jalan Tidar Nomor 115 Surabaya. Sebagai narasumber, dihadirkan mahasiswa FIKOM UC Surabaya yang juga presenter TVRI Jawa Timur Chansa Aqilla Alhimnie.

Bersama Chansa, workshop untuk mengasah kemampuan menjadi seorang master of ceremony atau yang biasa disebut MC bertema Elevate Your MC Skills itu berlangsung sangat menarik dan menyenangkan.

BACA JUGA: Pilih Sustainable Lagi Jadi Tema Bussines Launching WMK 2023, Universitas Ciputra Berhasil Luncurkan 120 Produk Bisnis Mahasiswa

Dalam paparan materinya, Chansa menjelaskan bahwa workshop tidak hanya mengajarkan sikap yang baik dan cara melafalkan teks MC. Tetapi ia menekankan pentingnya penampilan saat menjadi MC.

Di hari pertama, peserta diberi kesempatan untuk berlatih tentang cara melafalkan teks MC dan memperhatikan gestur mereka saat menjadi MC. Di hari kedua, mereka giliran diarahkan Chansa untuk berlatih membawakan acara sebelum berpartisipasi dalam kompetisi MC non-formal.

Salah seorang peserta Via Dolorosa Adelina menyatakan bahwa keikutsertaannya dalam workshop tersebut merupakan pengalaman pertamanya dalam belajar tentang MC. Tapi dia tidak ragu untuk ikut dan langsung mempraktikkannya di depan praktisi.

Meskipun awalnya merasa gugup, totalitas yang ditunjukkan gadis yang karib disapa Adel itu membuahkan hasil. Terbukti atas keseriusannya belajar, akhirnya ia bisa memenangkan Best Costume dalam kompetisi Mc non-formal yang diadakan pada hari kedua.
Para siswa SMPK Santo Vincentius Surabaya peserta workshop yang memperoleh penghargaan dalam kompetisi dalam workshop Elevate Your MC Skills yang diselenggarakan oleh SSV dan FIKOM UC Surabaya. -SSV-

BACA JUGA: Seru! Euphorade 3.0 Fambus Universitas Ciputra Bedah Berbagai Tip dan Inovasi Bisnis Pengusaha Muda

Senada dengan Adel, Bulan Arcely Putri, merasakan hal yang sama. Ia menilai bahwa acara yang digelar SSV dan FIKOM UC Surabaya berjalan dalam suasana yang asyik. Apalagi dia bisa mendapatkan banyak masukan atas kemampuan MC yang sudah dia jalani selama ini.

"Biasanya saya hanya dapat komentar dari teman atau guru. Tetapi ini dari narasumber yang berkompeten. Saya jadi tahu apa yang perlu diperbaiki agar bisa jadi MC yang lebih baik," kata Bulan yang meraih penghargaan Best Confident dalam kompetisi MC non-formal.

Ketua SSV Surabaya Anastasia Lusi mengungkapkan bahwa acara ini terwujud berkat kerja sama dan permintaan para siswa SMPK Santo Vincentius Surabaya untuk mengasah bakat MC untuk anak muda yang aktif dalam SSV.

"Sebab kemampuan membawakan acara memang sangat diperlukan. Misalnya dalam setiap acara gereja. Jadi workshop ini menjadi menarik perhatian peserta karena merupakan pengalaman baru dalam organisasi sukarela internasional ini," ujarnya.

Antusiasme para peserta memang sangat besar dalam mengikuti workshop. "Karena itu untuk mendukung mereka bisa belajar sesuatu yang bisa mengembangkan skill, SSV pun mengambil inisiatif untuk membiayai transportasi semua peserta agar dapat menghadiri acara," papar Lusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: