Kodim dan Polres Mulai Dibangun, 700 Mahasiswa Kuliah di IKN Tahun Depan

Kodim dan Polres Mulai Dibangun, 700 Mahasiswa Kuliah di IKN Tahun Depan

Presiden Joko Widodo menekan tombol dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara IKN) Tahap III, Rabu, 20 Desember 2023.--

HARIAN DISWAY - Komando Distrik Militer (Kodim) di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara mulai dibangun. Desain Kodim Nusantara ini menempati lahan seluas 3,29 hektare. Sarana dan prasarana pendukungnya pun disesuaikan dengan visi Nusantara sebagai kota hutan alias forest city.

Presiden Jokowi pun meminta bangunannya memenuhi standar green building. Pantas dijadikan contoh dan patokan kodim di seluruh Tanah Air. Jokowi menilai Nusantara merupakan proyek vital nasional strategis yang harus dipastikan keamanannya. 

Sehingga, keberadaan Kodim Nusantara yang merupakan Kodim tipe A dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan ibu kota negara.  Juga melindungi berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

“Saya berharap keberadaan kodim ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara,” tutur Jokowi dalam sambutannya saat acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Kodim Nusantara, Kamis, 21 Desember 2023.

BACA JUGA:Groundbreaking Tahap III IKN Selesai, 10 Proyek Lagi Mulai Januari 2024

BACA JUGA:PBB Pastikan Proyek IKN Sudah SDGs Groundbreaking Tahap III Mulai Besok

Gedung Polres Khusus Kawasan IKN juga mulai dibangun. Jokowi berharap Polres Khusus IKN bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Serta menjaga stabilitas dan keamanan di IKN.

Gedung Polres Khusus IKN ini memiliki luas 6.189 meter persegi. Berdiri di atas tanah seluas 12 hektare. Pembangunannya diperkirakan butuh sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar. 

Jokowi pun berpesan agar Polres Khusus IKN dibangun dengan konsep desain yang khusus dan merupakan bangunan hijau. “Karena kawasannya adalah kawasan hijau, lingkungannya adalah lingkungan hijau, saya minta untuk desain polresnya juga sedikit dikoreksi agar muncul (konsep) green building-nya,” ungkapnya.

Polres Khusus IKN ini akan dilengkapi dengan pusat komando hingga fasilitas untuk analisis kecerdasan buatan (AI). Diharapkan bisa menjadi contoh bagi polres lain di Indonesia, sekaligus menjadikan IKN kawasan yang bebas dari tindak kejahatan. Rencananya, diperkuat sekitar 750 personel yang wilayah kerjanya meliputi enam polsek. 

BACA JUGA:Rusun ASN-TNI-POLRI di IKN Selesai Akhir 2024

BACA JUGA:Penampakan Fasad Garuda Istana Kepresidenan IKN, Dijadwal Rampung Maret 2024

Selain itu, Jokowi juga meletakan batu pertama pembangunan proyek Gedung II Kampus Nusantara Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Gunadarma. Menurutnya, Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas besar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak dan akan terus bertambah di Kampus Nusantara.

“Dan yang di sini ibu rektor tadi menyampaikan memang semester pertama ini baru 200 mahasiswa, tetapi tahun depan diperkirakan sudah 700 mahasiswa,” katanya. Jokowi menekankan pentingnya pengembangan program pendidikan tinggi di Nusantara untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: