Eunhyuk Super Junior dan Bobby iKON Hapus Unggahan McD dan Starbucks, Netizen: Respect!

Eunhyuk Super Junior dan Bobby iKON Hapus Unggahan McD dan Starbucks, Netizen: Respect!

EUNHYUK Super Junior dan Bobby iKON hapus unggahan Starbucks dan McD, netizen: Respect!-SM Entertainment -

Baik Eunhyuk maupun Bobby sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan apa-apa terkait keputusan mereka menghapus unggahan berbau produk yang mendukung Israel.

BACA JUGA:Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

Namun, aksi mereka sudah cukup buat fans. Alih-alih di-cancel seperti para idol lain yang terang-terangan menunjukkan dukungan buat merek-merek yang diboikot tersebut, kedua idol itu langsung mendapatkan banjir simpati dari publik. Kata-kata keren dan respect paling banyak ditujukan kepada mereka.

"Respect sama idol yang mau belajar kayak gini. Gak pura-pura buta dan tuli," tulis seorang fans di platform X.

"Ini baru idol yang ga ignorant and tone deaf. Semangat mengedukasi, Guys. Semoga bisa cepet sadar. Kalo enggak, ya udah di luar kuasa kalian," tulis yang lain.


EUNHYUK Super Junior dan Bobby iKON hapus unggahan Starbucks dan McD, netizen: Respect! Foto: Bobby iKON telah menghapus foto McD dari akun X-nya.-YG Entertainment -

BACA JUGA:Saham Starbucks dan McDonalds Anjlok: Imbas Pemboikotan Produk AS-Israel

Seorang ELF (sebutan fans Super Junior) dengan bijak menyebut bahwa idol hanya memiliki fans. Maka, sudah jadi tugas fans lah untuk mengingatkan jika mereka membuat kesalahan.

"Asal bicara baik-baik dulu, and dont judge and spread the hate (jangan menghakimi dan menyebarkan kebencian, Red), mereka aka mendengar kita, dan kita lihat saja reaksi mereka. Terima kasih, Hyukjae," papar ELF tersebut.

Gelombang boikot memang begitu gencar di negara-negara mayoritas muslim seperti Indonesia. Namun, di Korea Selatan tidak terlalu bergema.

BACA JUGA:FOA Boikot Kurma Israel lewat Gerakan #CheckTheLabels

Warga di sana paham soal serangan Israel terhadap Palestina di Jalur Gaza yang dicurigai sebagai upaya genosida. Bahkan, dalam beberapa bulan terakhir, banyak demonstrasi membela Palestina di kota-kota besarnya.

Namun, sekali lagi, mereka kurang memahami brand apa saja yang mendukung Israel sampai harus diboikot.

"Idol punya posisi yang bagus sekali untuk menyebarkan awareness. Kalau mereka sendiri tidak tahu soal boikot, maka fans lah yang harus mengedukasi," tegas seorang fans di X. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber