14 Venue Tim IBL 2024, Ada yang Pindah Kota Hingga Bangun Arena Sendiri

14 Venue Tim IBL 2024, Ada yang Pindah Kota Hingga Bangun Arena Sendiri

Britama Arena menjadi salah satu kandang yang dipilih oleh Satria Muda Pertamina Jakarta untuk IBl 2024-Ariya Kurniawan/IBL-

HARIAN DISWAY - Indonesian Basketball League (IBL) 2024 akan berlangsung 15 hari lagi. Musim ini liga menggunakan format home away sejak seri reguler. Artinya, 14 tim IBL 2024 akan memiliki kandang yang berbeda.

Dalam IBL 2024, ada 16 venue home untuk 14 tim peserta liga. Selain venue yang familiar dengan IBL, ada 9 venue yang merupakan lokasi baru. Salah satunya Dewa United Arena yang merupakan milik Dewa United Banten.

Dewa United Arena berada di Tangerang. Sebelum gedung olahraga tersebut selesai dibangun, Dewa United harus menjalani laga kandang yang jauh dari homebase-nya. Pada playoff dan semifinal IBL 2023, misalnya, Dewa United memilih berkandang di Sritex Arena, Solo.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Kompetisi, IBL Gandeng Liga Basket Jepang B.League

Selain Dewa United, ada 2 tim lain yang tercatat memiliki venue sendiri. Mereka adalah Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya. Kedua tim tersebut sudah sering menyelenggarakan event basket di kandang mereka sendiri.


14 VENUE tim IBL 2024, ada yang pindah kota hingga bangun arena sendiri. Foto: GOR Pacific di kawasan Kenjeran Surabaya, jadi kandang Pacific Caesar.-MainBasket-

Satria Muda bermarkas di Britama Arena, Kelapa Gading. Tetapi musim ini Satria Muda juga mengajukan venue alternatif di Hall Basket Senayan. Yang letaknya lebih strategis di pusat Jakarta.

Sedangkan Pacific Caesar mendaftarkan GOR Pacific Surabaya, sebagai rumah mereka di musim 2024. Lokasinya di perumahan Gading Pantai, kawasan Kenjeran, Surabaya.

BACA JUGA:Daftar 10 Peserta IBL 2024: Tanpa Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots

BACA JUGA:Dua Tim Berganti Nama Menjelang Musim Baru IBL 2024

Bima Perkasa mendaftarkan 2 venue untuk pertandingan home musim ini. Bima Perkasa menggunakan GOR Pancasila UGM. Mereka menggunakan venue tersebut sebagai kandang pada playoff musim lalu. Di saat yang sama, GOR Amongrogo kerap menjadi venue untuk berbagai event lain.

Selain venue tersebut di atas, ada venue lain yang sudah sering digunakan IBL. Seperti GOR C-Tra Arena (Bandung), GOR Sahabat (Semarang), dan Sritex Arena (Solo). Hanya Satya Wacana Salatiga yang tidak berlaga di kota sendiri. Mereka memilih Semarang sebagai home base-nya.


14 VENUE tim IBL 2024, ada yang pindah kota hingga bangun arena sendiri. Foto: GOR Purna Krida jadi kandang Bali United.-DBL Indonesia-

Hal yang sama juga dilakukan oleh Borneo Hornbills. Mereka tidak berkandang di Kalimantan karena keterbatasan venue yang memenuhi standar liga. Hornbills pun memilih bertanding di GOR Laga Tangkas, Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: