Tingkatkan Mutu Kompetisi, IBL Gandeng Liga Basket Jepang B.League

Tingkatkan Mutu Kompetisi, IBL Gandeng Liga Basket Jepang B.League

Wakil Ketum PP Perbasi George Dendeng, Abraham Damar Grahita, Chairman of B.League Shinji Shimada, dan Dirut IBL Junas Miradiarsyah (dari kiri ke kanan) dalam MoU IBL x B. League-Ragil Putri Irmalia-

HARIAN DISWAY - Indonesian Basketball League (IBL) melakukan gebrakan dalam menyongsong musim 2014. Mereka bekerja sama dengan B.League, liga basket profesional Jepang.

Kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas IBL. Bukan hanya untuk meningkatkan standar permainan. Tapi juga meningkatkan kesejahteraan klub dan pemain, dengan cara membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

"B.League merupakan tolok ukur yang tepat untuk perkembangan bola basket Indonesia," kata Direktur IBL Junas Miradiarsyah dalam konferensi pers di Hotel Century Senayan, Selasa, 5 Desember 2023.

BACA JUGA: Daftar 10 Peserta IBL 2024: Tanpa Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots

"Jepang melakukan restrukturisasi liga itu baru 7 tahun yang lalu. Saya melihat banyak sekali perkembangan," ungkap Junas. Meski secara usia IBL lebih tua, Junas tidak ragu belajar kepada B.League dalam hal pengelolaan kompetisi.


Suasana Final IBl 2023 antara Prawira vs Pelita Jaya. IBL 2024 rencananya dimulai pada 13 Januari 2024-Hariyanto/IBL-

"Sebagai liga yang berkembang, kita tidak boleh sok tahu. Jadi, kami harus belajar mana yang cocok untuk diadaptasi," jelas Junas.

Ada tiga poin penting yang dicakup dalam kerja sama ini. Pertama penerapan format home away dan aspek-aspek yang mengikutinya. Kedua untuk mengembangkan potensi usia muda. Dan ketiga, membangun basis penggemar masing-masing klub.

BACA JUGA: Dua Tim Berganti Nama Menjelang Musim Baru IBL 2024

BACA JUGA: Terobosan Baru! IBL 2024 Pakai Format Home-Away Sejak Seri Reguler

Poin paling penting yang dibahas yaitu format home away. IBL 2024 akan menggunakan format itu sejak musim reguler. Musim baru akan dimulai pada 13 Januari 2024 mendatang.

Bagi IBL, menggunakan format home away secara penuh merupakan hal baru. Pada musim-musim sebelumnya, IBL menggunakan format seri di beberapa kota. Pada babak playoff, baru menggunakan home away.

CEO B.League Shinji Shimada mengatakan format ini akan memacu liga menjadi industri yang berkelanjutan. Sebab, adanya laga kandang akan membentuk basis penggemar yang nantinya berperan dalam menghidupi klub tersebut.

BACA JUGA: Gelar Juara IBL 2023 Milik Prawira Bandung, 8 Alumnus DBL Berlaga di Partai Final

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: