Imbas Ricuh Iring-Iringan Pemakaman Lukas Enembe: 3 Orang Luka, Kapolda Dievakuasi, Toko Rusak

Imbas Ricuh Iring-Iringan Pemakaman Lukas Enembe: 3 Orang Luka, Kapolda Dievakuasi, Toko Rusak

IMBAS ricuh iring-iringan pemakaman Lukas Enembe: 3 orang luka, Kapolda dievakuasi, toko rusak. -Disway.id-

HARIAN DISWAY - Kerusuhan yang terjadi saat massa mengantar jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Papua, sudah mereda. Situasi sudah kondusif. Namun, imbasnya cukup memprihatinkan.

Ya, kericuhan yang waktunya tak lebih dari sejam itu membuat tiga orang terluka. Mereka adalah Pejabat (Pj) Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun, seorang anggota polisi, dan seorang personel TNI.

"Mereka kini dirawat di rumah sakit di wilayah Sentani, Papua," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo.

BACA JUGA:Terprovokasi, Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Jadi Korban

Benny mengungkapkan bahwa kericuhan itu sejumlah bangunan dan kendaraan rusak. Bahkan, sebuah mobil hangus terbakar.


IMBAS ricuh iring-iringan pemakaman Lukas Enembe: 3 orang luka, Kapolda dievakuasi, toko rusak.-Istimewa-

Dari informasi yang dihimpun, kericuhan bermula ketika iring-iringan jenazah Lukas Enembe keluar dari Bandara Sentani pada pukul 9.30 WIT. Jenazahnya tiba di Papua pada 9.20 WIT.

Di luar bandara, ia disambut oleh ribuan warga yang masih sangat mencintai sang mantan gubernur. Para pengantar menawarkan diri memikul peti jenazah yang berwarna putih. Lukas Enembe akan dibawa ke Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKIN) Sentani untuk disemayamkan.

BACA JUGA:Pertanggungjawabab Hukum Berhenti, Pengacara Lukas Enembe Tuntut KPK

BACA JUGA:Lukas Enembe Sanggah Punya Jet Pribadi: Apabila Memang Ada, KPK Silakan Ambil!

Tiba-tiba, ketika tiba di jalanan utama Sentani, tepat di depan kantor bank BRI, massa mulai saling melempar batu. Tidak diketahui pasti siapa yang memulai. Yang jelas, dalam perjalanan yang hanya 10 menit itu, kerusuhan pecah.

Sejumlah fasilitas publik, seperti ATM Bank Papua, Bank BRI, hingga puluhan toko warga rusak. Namun, untuk data lengkap korban maupun kerugian yang diderita warga, kepolisian setempat belum memberikan kepastian.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri juga menjadi korban serangan massa yang ricuh. Ia langsung dievakuasi dari lokasi. Dan dibawa ke tempat aman.


IMBAS ricuh iring-iringan pemakaman Lukas Enembe: 3 orang luka, Kapolda dievakuasi, toko rusak. Foto: Kapolda Papua Mathius D Fakhiri.-Polda Papua-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber