Bukti Polisi Menyiksa Lee Sun Kyun: Minta Pemeriksaan Tertutup Ditolak

Bukti Polisi Menyiksa Lee Sun Kyun: Minta Pemeriksaan Tertutup Ditolak

BUKTI polisi menyiksa Lee Sun Kyun: minta emeriksaan tertutup ditolak. Foto: Lee Sun Kyun menghadiri Festival Film Cannes, 22 Mei 2023.-Valeri Hache-AFP

HARIAN DISWAY - Polisi dan media Korea sama-sama berkontribusi dalam kematian tragis aktor Lee Sun Kyun. Ia meninggal pada 27 Desember 2023, diduga bunuh diri. Lee Sun Kyun sedang menghadapi tuduhan terlibat dalam kasus narkoba.

Keputusan Lee Sun Kyun untuk mengakhiri hidupnya sendiri besar kemungkinan terkait langsung dengan perundungan yang ia terima dari polisi. Dalam surat wasiatnya, ia mengaku tertekan dan terbebani oleh treatment yang ia terima.

Salah satu buktinya, ia pernah meminta agar pemeriksaannya dilangsungkan secara tertutup. Tanpa kehadiran media. Yakni pada pemeriksaan ketiga pada 23 Desember 2023. Namun, permintaan itu ditolak oleh polisi.

BACA JUGA:Dispatch Sebut Lee Sun Kyun Sebagai Tumbal Kebobrokan Polisi dan Media

"Kami sudah meminta agar kemunculan Lee Sun Kyun tidak dibuka kepada pers. Tapi polisi tidak mengabulkan permintaan itu," ungkap seorang pengacara Lee Sun Kyun kepada Korea Times.


BUKTI polisi menyiksa Lee Sun Kyun: minta emeriksaan tertutup ditolak. Foto: Lee Sun Kyun berbicara pada media sebelum pemeriksaan di Kepolisian Metropolitan Incheon, 4 November 2023.-Yonhap News-

Sebenarnya, ada panduan yang mengatur hubungan antara polisi dengan media di situasi tertentu. Mereka harus melarang eksposur media terhadap seorang individu yang sedang dalam penyelidikan. Media juga dilarang mengambil gambar atau video selama proses investigasi. Tapi, aturan-aturan itu sering dilanggar. Bahkan oleh polisi sendiri.

Kepolisian Metropolitan Incheon yang bertanggung jawab atas penyelidikan ini membenarkan bahwa pengcara Lee Sun Kyun minta pemeriksaan tertutup. Mereka juga membenarkan bahwa permintaan itu ditolak. Tapi mereka membantah telah membocorkan informasi mengenai detail pemeriksaan Lee Sun Kyun ke media.

BACA JUGA:Lee Sun Kyun Korban Bully Netizen dan Media, Ini Isi Suratnya buat Istri

BACA JUGA:Sedih Banget, Ini Profil dan Perjalanan Karier Lee Sun Kyun yang Meninggal di Tengah Skandal Narkoba

"Pada prinsipnya, kami mendukung pemeriksaan tertutup. Tapi, kami bilang bahwa pemeriksaan tertutup akan makin meningkatkan kecurigaan publik. Orang bisa mengira Lee Sun Kyun benar-benar bersalah," ungkap seorang petugas polisi kepada Yonhap News.

"Toh belum pernah ada insiden ketika kami mengumumkan jadwal pemeriksaan Lee Sun Kyun ke publik," ujarnya lagi.

Gara-gara permintaan itu ditolak, Lee Sun Kyun harus selalu menghadapi wartawan setiap kali menjalani pemeriksaan. Ia harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari pusat kota Seoul ke Incheon, hanya untuk diekspos habis-habisan oleh puluhan media.


BUKTI polisi menyiksa Lee Sun Kyun: minta emeriksaan tertutup ditolak. Foto: Lee Sun Kyun dikejar media setelah diperiksa 19 jam Kepolisian di Kepolisian Metropolitan Incheon, 24 Desember 2023. -Yonhap News-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: korea times