Tata Cara Salat Sunnah Hajat Sambut Tahun Baru 2024, Lakukan Agar Resolusi Mudah Terwujud

Tata Cara Salat Sunnah Hajat Sambut Tahun Baru 2024, Lakukan Agar Resolusi Mudah Terwujud

TATA CARA salat sunnah hajat sambut tahun baru 2024, lakukan agar resolusi mudah terwujud.-Thirdman-Pexels

HARIAN DISWAY - Tak terasa tahun akan berganti dalam hitungan jam. Tahun 2023 yang penuh arti akan segera berganti ke tahun 2024 yang telah menanti.

Kita semua tentu memiliki keinginan-keinginan dalam menyambut pergantian tahun. Bahasa kerennya, resolusi. Entah itu resolusi tahun lalu yang belum terwujud. Maupun keinginan yang diharapkan terwujud tahun depan.

Pasti sudah banyak hal yang direncanakan untuk dilakukan agar keinginan-keinginan tersebut bisa tercapai. Mulai dari usaha-usaha dan juga doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

BACA JUGA:Safari Salat Subuh Berjamaah Bersama Pemkot Pasuruan dan DMI

Bagi umat muslim, ada berbagai amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut tahun baru ini. Terutama jika Anda memiliki hajat atau keinginan tertentu yang diharapkan bisa terkabul pada 2024 nanti.

Amalan yang bisa dilakukan salah satunya adalah salat sunnah hajat. Salat sunnah hajat atau salat hajat adalah salat yang dianjurkan dilakukan oleh umat muslim yang memiliki keinginan atau hajat.

Salat hajat dapat dilakukan sebanyak paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Waktu terbaik untuk melakukan salat hajat adalah di malam hari terutama di sepertiga malam ketika Allah SWT turun untuk melihat umat-Nya yang melakukan ibadah.

BACA JUGA:Teks Doa Qunut Nazilah untuk Palestina beserta Tata Cara Baca dan Terjemahannya

Dilansir dari website resmi Muhammadiyah, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mempunyai hajat (kepentingan) terhadap Allah atau sesama manusia hendaklah berwudhu dengan baik kemudian shalat dua rakaat, kemudian memuji (mengagungkan) Allah kemudian membaca shalawat untuk Nabi SAW." [H.R. at-Tirmidzi dan an-Nasa’i].

Keistimewaan dan manfaat salat hajat selain untuk mengabulkan keinginan adalah dihapuskan seluruh dosa dan dinaikkan derajat bagi umat muslim yang melaksanakan salat ini secara rutin dan khidmat.

Salat hajat juga dapat membuat umat muslim yang melakukannya menjadi lebih termotivasi untuk berusaha dan bekerja keras agar semua keinginan-keinginannya terkabul.


TATA CARA salat sunnah hajat sambut tahun baru 2024, lakukan agar resolusi mudah terwujud.-Pavel Danilyuk-Pexels

Tata cara melakukan sholat hajat hampir sama seperti sholat wajib, yang membedakan hanyalah bacaan niat dan doa-doa di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber