Teks Doa Qunut Nazilah untuk Palestina beserta Tata Cara Baca dan Terjemahannya

Teks Doa Qunut Nazilah untuk Palestina beserta Tata Cara Baca dan Terjemahannya

Bacaan Qunut Naziah sebagai sarana memohon pertolongan agar umat muslim dibebaskan dari masalah/penderitaan-App NU Online-

HARIAN DISWAY - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menganjurkan umat islam untuk memanjatkan doa untuk warga Palestina pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Doa tersebut dipanjatkan sebagai bentuk dukungan terhadap warga Palestina yang saat ini tengah menghadapi krisis kemanusiaan dan bencana perang. 

"Menyerukan kepada seluruh umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama untuk menyelenggarakan shalat ghaib dan doa bersama, guna mendoakan para syuhada dan korban jiwa akibat eskalasi kekerasan yang terjadi di Palestina, serta melaksanakan Qunut Nazilah," ungkap Yahya Cholil dalam konferensi pers Perkembangan Konflik Israel-Palestina di Lobi PBNU, Jakarta Pusat. 

BACA JUGA:Ramai Pakai Hashtag From the River to the Sea untuk Dukung Palestina, Apa Artinya?

BACA JUGA:9 Ribu Warga Gaza Tewas akibat Serangan Israel, Pakar HAM PBB Sebut Sudah Mendekati Level Genosida


Postingan resmi Satgas khusus Hak Asasi Manusia PBB yang mengutuk serangan Israel pada kamp pengungsian Jabalia pada Kamis, 2 November 2023 waktu setempat. -X (Twitter) @UN_SPExperts-

Dilansir dari NU Online, Qunut Nazilah adalah doa yang lazim dibaca oleh umat muslim saat menghadai persoalan konflik, keamanan, musibah,bencana alam, pertanian dan sebagainya. 

Qunut ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib lima waktu. Dalam Bahasa Arab, kata Qunut sendiri memiliki beberapa makna yakni tunduk atau merendahkan diri, mengheningkan cipta, kemudian berdiri  untuk shalat.

Maknanya kira-kira doa yang dipanjatkan dalam sholat. Sedangkan kata Nazilah sendiri bermakna musibah atau malapetaka. 

BACA JUGA:Saham Starbucks dan McDonalds Anjlok: Imbas Pemboikotan Produk AS-Israel

Menurut Imam Syafi'i, Qunut Nazilah disunnahkan untuk dibaca setiap shalat lima waktu setelah ruku' yang terakhir. Bacaan ini boleh dibaca oleh imam ataupun yang sedang melaksanakan shalat sendirian (munfarid). Bagi makmum sendiri, tinggal mengaminkan doa qunut nazilah yang dibacakan oleh imam.

Bacaan Doa Qunut Nazilah : 

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافيْتَ, وَتوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطيْتَ, وَقِنِي شَرَّ مَا قضَيْتَ, فإنَّكَ تَقْضِى وَلا ُيُقْضَى عَلَيْكَ, فإنَّهُ لا يَذِلُُ مَنْ وَالَيتَ, وَلا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, أسْتَغْفِرُكَ وَأتُوْبُ إلَيْكَ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: