Jelang Ramadan, PBNU Instruksikan Nahdliyyin Doakan Rakyat Palestina

Jelang Ramadan, PBNU Instruksikan Nahdliyyin Doakan Rakyat Palestina

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers di gedung PBNU Sabtu, 9 Maret 2024-LTN PBNU-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan imbauan untuk nahdliyyin (warga NU) untuk bersama-sama melangitkan doa untuk solusi atas konflik yang tengah terjadi di Palestina

Imbauan ini juga berlaku untuk masyarakat luas yang bersimpati atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina. “Dengan kata lain kita menggunakan kesempatan ramadan ini untuk mengetuk pintu langit agar pertolongan turun dari Allah SWT,” kata Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf pada Sabtu, 9 Maret 2024. 

PBNU meminta masyarakat menjadikan ramadan sebagai momentum berkonsolidasi secara menyeluruh, dari tingkat pengurus hingga tingkat desa, serta melibatkan semua jaringan Nahdlatul Ulama, termasuk badan-badan otonom dan lembaga pendidikan di lingkungan NU.

"Ini adalah kesempatan untuk bersama-sama menggerakkan memobilisasi satu gerakan mengambil barakah dari Ramadhan ini sebesar-besarnya," ujar mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tersebut. 

BACA JUGA:Soal Perbedaan Awal Ramadan, Profesor BRIN: Hisab dan Rukyat Bisa Disatukan

Selain itu, Gus Yahya juga menekankan pentingnya para ulama dan pengurus NU untuk mengamalkan doa-doa yang diajarkan para kiai NU, termasuk doa untuk keamanan dan kemaslahatan Indonesia serta doa untuk saudara-saudara di Palestina.

Selain itu, Gus Yahya juga mengimbau untuk mengamalkan secara khusus do'a yang diajarkan oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. "Utamanya  mendoakan Indonesia agar tetap terpelihara kemaslahatan, kesentosaannya dan juga mendapatkan pertolongan untuk terus maju meningkat kapasitas sebagai negara yang sungguh-sungguh lebih kuat, lebih maju dan lebih kuat dan kemaslahatan secara umum,” kata dia.

Dalam konteks Palestina, Gus Yahya menyatakan, selama lima bulan terakhir, PBNU telah berupaya dengan segala cara untuk membantu mencari solusi bagi saudara-saudara di Palestina. Khususnya di Gaza dan Tepi Barat. Namun, kondisi pelik dan minimnya respons dari pihak internasional membuat PBNU khawatir situasi akan berlarut-larut menjadi status quo.

BACA JUGA:Pemkot Imbau Tempat Hiburan Malam Surabaya Tutup Selama Ramadan

“Secara khusus Rais Aam mengijazahkan kembali doa yang kami sebut sebagai Qunut Nazilah untuk memohon pertolongan bagi Palestina yang dulu di ijazah dan oleh Rais Akbar Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari pada tahun 1938,” kata dia.

PBNU terus mengajak semua pihak untuk berdoa bersama selama bulan ramadan ini, sembari terus berupaya untuk memberikan bantuan dan dukungan bagi mereka yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar negeri.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: