Survei Puspoll: Prabowo-Gibran Ada di Puncak, Ganjar-Mahfud dan AMIN Selisih Tipis

Survei Puspoll: Prabowo-Gibran Ada di Puncak, Ganjar-Mahfud dan AMIN Selisih Tipis

Survei elektabilitas Prabowo-Gibran lebih unggul dari dua paslon lain. -Raka Denny-Harian Disway-

HARIAN DISWAY – Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali puncaki chart teratas survei elektabilitas yang diadakan oleh Pusat Polling Indonesia (Puspoll).

Survei ini menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan capaian skor elektabilitas sebesar 41 persen, kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud yang memiliki capaian skor elektabilitas sebesar 27,6 persen.

Sementara itu, posisi terakhir diisi oleh pasangan Anies-Muhaimin dengan capaian skor elektabilitas sebesar 26,1 persen. Sisanya, 5,3 persen responden memilih untuk tidak menjawab atau tidak tahu.


Prabowo Gibran: Adanya Badan Penerimaan, Menjadikan Bayar Pajak Lebih Murah. Hanya TKN Prabowo-Gibran yang bisa wujudkan!--instagram @prabowo

BACA JUGA:Tepis Rumor, Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Tegaskan Dukungan Pada Prabowo-Gibran

Dari hasil tersebut, paslon capres-cawapres nomor urut 2 masih mempertahankan posisi puncaknya dalam berbagai survei elektabilitas, sementara pasangan nomor urut 1 dan 3 masih berada jauh dibawahnya dengan skor yang tipis selisihnya.

Direktur Eksekutif Puspoll Muslimin Tanja mengatakan, ada kemungkinan Pemilu 2024 nanti akan dilakukan dalam dua putaran. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor elektabilitas dari ketiga pasangan capres-cawapres yang meskipun paslon nomor urut 2 hampir selalu ada di posisi tertinggi, namun belum pernah menyentuh skor 50 persen lebih elektabilitas.

BACA JUGA:Survei LSJ: Gibran Menangkan Panggung Debat, Sukses Memikat Publik hingga 55,5%

"Memang paslon nomor urut 2 ini relatif lebih tinggi ya, jauh selisihnya dengan paslon nomor urut 1 dan 3. Namun di antara tiga pasangan ini belum ada yang mencapai 50+1, artinya Pemilu di 2024 itu kemungkinan akan dilakukan dua putaran," kata Muslimin pada Selasa 2 Januari 2024.

Muslimin juga menyebutkan, jika pasangan Prabowo-Gibran memiliki kekuatan paling unggul di wilayah Sumatera, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Selain di ketiga wilayah tersebut, wilayah Bali, NTB, NTT, Kalimantan, dan Sulawesi juga diyakini sebagai wilayah lumbung suara untuk paslon usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.


Hasil survei dari LSI Denny JA menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran pasti di ambang kemenangan dan memiliki suara tertinggi dari pasangan calon capres-cawapres lainnya.--

Disisi lain, paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud paling banyak dipilih oleh responden Maluku, Papua, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Sementara itu, paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin paling banyak dipilih oleh responden asal DKI Jakarta dan Banten.

BACA JUGA:Survei LSJ: Prabowo Tampil Sebagai Capres Terbaik Pasca Debat Perdana

Dari data tersebut, paslon nomor urut 2 diyakini sebagai paslon yang memiliki cakupan pemilih paling luas. Prabowo-Gibran hampir mendominasi wilayah yang ada di Indonesia. Hal ini juga diungkapkan oleh Muslimin yang juga menyebutkan jika pasangan Prabowo-Gibran lebih unggul dari dua paslon lain dalam simulasi head to head.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: