Siapa Penguasa Debat Ketiga?

Siapa Penguasa Debat Ketiga?

Ilustrasi debat capres yang ketiga. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

APAKAH Prabowo Subianto akan menguasai arena debat berikutnya? Sebab, tema debat ketiga yang akan digelar 7 Januari 2024 ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik

Tema itu selama ini digeluti menteri pertahanan tersebut. Itu keahlian Prabowo sebagai mantan tentara. Jenderal bintang tiga yang pernah menjadi panglima Kostrad dan komandan jenderal (danjen) Kopassus. 

Saat debat capres Pilpres 2019,  melawan Jokowi, Prabowo sudah menunjukkan dominasinya di bidang pertahanan.

BACA JUGA: Relevankah Debat Cawapres?

BACA JUGA: Survei LSJ: Gibran Menangkan Panggung Debat, Sukses Memikat Publik hingga 55,5%

Namun, jangan kesampingkan Anies Baswedan di tema itu. Jangan-jangan panggung akan kembali dikuasai Anies. Untuk diplomasi dan interaksi internasional, paslon nomor urut 1 itu sudah mulai teruji saat menjadi gubernur Jakarta. 

Harus diingat pula, gelar doktor Anies di bidang ilmu politik dari salah satu kampus populer di Amerika Serikat, Northern Illinois University.

Akan sangat menarik seandainya Mahfud MD yang maju mewakili paslon nomor urut 3. Namun, kali ini debat capres. Bukan cawapres.

BACA JUGA: Debat Akan Berubah Jadi Lapor Polisi

BACA JUGA: Survei LSJ: Prabowo Tampil Sebagai Capres Terbaik Pasca Debat Perdana

Tidak meragukan kemampuan Ganjar Pranowo yang dua kali menjabat gubernur. Tapi, untuk urusan pertahanan dan keamanan, kapasitas Mahfud MD sangat mumpuni. 

Bukankah Prof Mahfud saat ini adalah menteri koordinator polhukam (politik, hukum, dan keamanan). Ia juga pernah menjadi menteri pertahanan di era Gus Dur dan pernah di DPR komisi hukum. Pun, menduduki kursi ketua Mahkamah Konstitusi.

Tema debat memang tak selalu pas dengan keahlian utama kandidat. Misalnya, debat kedua yang melibatkan para calon presiden. Temanya tentang ekonomi, pajak, digitalisasi, keuangan, investasi, dan APBN. 

BACA JUGA: Debat Chat Mahfud-Didu, ”Au ah Elap”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: