Sempat Merasa Canggung Berkarier Solo, Chaka Khan Ungkap Ingin Tetap Nge-Band

Sempat Merasa Canggung Berkarier Solo, Chaka Khan Ungkap Ingin Tetap Nge-Band

Solois Cakha Khan yang telah berkarier selama 50 tahun di industri rekaman. -People-

HARIAN DISWAY - Bintang R&B Amerika, Chaka Khan, ungkapkan keingingan dalam hatinya untuk tetap berkarier di dunia hiburan. Secara terang-terangan, ia bahkan mengungkapkan bahwa tak pernah mau bekerja solo. 

Bagaimana tidak? Vokalis kelahiran 1953 tersebut telah memulai kariernya sebagai anggota Band Rufus, dengan harapan tetap langgeng seperti itu. Namun sayang, takdir berkata lain.

Segalanya berubah ketika Khan yang memiliki kemampuan vokal dan penampilan unggul, mulai memancarkan pesona yang lebih gemilang dibanding personel Rufus lainnya.

Tawaran yang ia dapatkan untuk menjadi sampul album band pun lantas menyebabkan perselisihan internal dalam grup band tersebut.

BACA JUGA: Group Band Raousse Merilis Single Terbarunya Bertajuk To:You

Masalahnya datang karena penonton mulai fokus pada sang vokalis. "Awalnya kami bersenang-senang sebagai sebuah grup. Semua akur dan baik-baik saja. Saya menikmatinya. Tapi saat mereka mencantumkan nama saya di depan, saat itulah semua kekacauan dimulai," tuturnya dalam satu kesempatan.

Pada dasarnya, Khan bukanlah personel asli grup funk Rufus. Band itu memulai karier mereka pada tahun 1970, sedangkan Khan baru bergabung pada tahun 1972. Keberadaannya dimaksudkan untuk menggantikan posisi Paulette McWilliams sebagai vokalis utama.

Berbagai kesuksesan awal karier Khan dipupuk dari grup tersebut. Termasuk rekamannya yang menjadi hits, yaitu; Tell Me Something Good dan Ain't Everyone.

BACA JUGA:Suga BTS Jadi Solois K-pop Pertama yang Nangkring di Top 15 Billboard 200 Selama 3 Pekan

Pemenang 10 Grammy Awards itu mengungkapkan bahwa ia merasa sungkan jika sorotan tertuju padanya karena dia bergabung dengan Rufus. Terutama ketika mereka sedang naik daun.

“Mereka adalah band yang sudah ada sejak lama dan saya benar-benar merasa bersyukur bisa bersama band seperti itu. Maka saat sebagai solois, itu membuatku canggung. Sangat canggung," ujarnya.

Khan kemudian melanjutkan kariernya secara solo dan merilis album debutnya yang bertajuk Chaka pada 1978. Khan terus berkolaborasi dengan Rufus hingga mereka resmi bubar pada 1983.

Karya-karya ibu dari Milini Khan dan Damien Holland itu secara teratur menduduki puncak tangga lagu musik. Baru-baru ini ia bahkan dianugerahi Musical Excellence Award oleh Rock & Roll Hall of Hame.

Saat ini, wanita yang meluncurkan produk wewangian itu tengah melaksanakan tur sebagai perayaan 50 tahun perjalanan kariernya di industri rekaman. (Ayda Zaqiyatunnisa).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: