Suga BTS Jadi Solois K-pop Pertama yang Nangkring di Top 15 Billboard 200 Selama 3 Pekan

Suga BTS Jadi Solois K-pop Pertama yang Nangkring di Top 15 Billboard 200 Selama 3 Pekan

SUGA BTS dalam klip video Haegeum yang dirilis 21 April 2023.-Big Hit Music-

HARIAN DISWAY – Dua pekan sejak diluncurkan, album Suga BTS yang bertajuk D-Day masih nyaman di bercokol di tangga-tangga lagu Billboard. Pekan lalu, D-Day debut di posisi kedua daftar Top 200 Albums. Prestasi tertinggi yang pernah dicatat oleh album K-Pop (sekaligus menyamai prestasi Jimin BTS). Nah, pada pekan kedua yang pada Sabtu, 13 Mei 2023, album Suga masih bertahan di posisi ke-13.

Posisi itu menjadikan Suga sebagai solois K-pop pertama dalam sejarah yang menembus 20 besar Billboard 200 dengan dua album sekaligus. Sebab, pada 2020, mixtape-nya yang bertajuk D-2 pernah nangkring di peringkat ke-11 Billboard 200.

BACA JUGA: Kerennya Dua Sisi Suga BTS di Klip Video Haegeum yang Berdarah-darah

BACA JUGA: Tentang Memaknai Kebebasan, Inilah Lirik Haegeum Milik Suga BTS

So, D-Day kini menjadi album K-pop pertama yang berhasil bertahan di posisi 15 besar Billboard 200. Tak hanya itu, Suga juga menjadi artis solo K-pop pertama yang menghabiskan total tiga pekan di posisi tersebut. Gabungan dari album D-Day dan D-2. Sebelumnya, album RM yang bertajuk Indigo juga pernah mencapai 15 besar di Billboard 200. Tapi tidak secara beruntun.

Di luar chart Billboard 200, D-Day juga menyapu posisi nomor dua di tiga tangga lagu sekaligus. Yakni Top Album Sales, Top Current Album Sales, dan World Album. Setelah berhasil memuncaki ketiga chart tersebut pekan lalu. Album yang berisi 10 lagu itu juga menempati posisi keempat dalam Top Rap Albums. D-Day juga menembus tangga lagu Tastemaker Albums, tepatnya di peringkat ke-17.  

BACA JUGA: Jimin BTS Solois Korea Pertama Puncaki Spotify Global Daily Chart

Di sisi lain, Haegeum juga masih tangguh di beberapa chart Billboard. Single kedua dari album D-Day itu menempati posisi ketiga di World Digital Song Sales, nomor empat di Rap Digital Song Sales, serta nomor 41 di Digital Song Sales. Sedangkan di tangga lagu global selain AS, ia menempati posisi ke-69.   

Nah, di daftar Billboard Artist 100, posisi Suga juga masih kukuh. Di bawah nama alias Agust D, ia menempati peringkat 13. Ini menjadi pekan ketiganya di chart tersebut sebagai Agust D. Dan pekan keempatnya di bawah semua nama panggung.

Akhir bulan ini, fans Indonesia bakal segera bertemu Suga. Musisi 30 tahun itu menggelarkan konser tunggal di Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang, pada 26-28 Mei 2023 mendatang. Sampai juga Agust D! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi