Debat Capres 2024, Prabowo Sebut Fungsi Utama Negara adalah Melindungi Warganya

Debat Capres 2024, Prabowo Sebut Fungsi Utama Negara adalah Melindungi Warganya

Debat Capres-Omon Omon mendadak viral-X/BTV

HARIAN DISWAY - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut fungsi utama negara adalah melindungi warganya, sesuai pada pembukaan UUD 1945.

Hal tersebut disampaikan Prabowo pada saat debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu, 7 Januari 2023 yang mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri (Polugri).

BACA JUGA:Prabowo Miliki 340 Ribu Hektare, Separuh Tentara Tak Punya Rumah Dinas, Anies: Itu Harus Diubah

“Kita kembali kepada dasar kita, tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Tujuan utama nasional adalah melindungi segenap bangsa Indonesia,” tegas Prabowo.

Prabowo menambahkan, konteks 'melindungi' di sini berarti memperkuat sektor pertahanan Indonesia untuk melindungi warga negaranya.

Lebih lanjut, Prabowo menjelaskan bahwa kebijakan luar negeri Indonesia tradisionalnya bersifat bebas dan aktif, menolak untuk bergabung dengan blok politik manapun, serta memilih untuk tetap non-blok demi menjaga kemandirian dan kedaulatan nasional.

BACA JUGA:Prabowo akan Teruskan Politik Luar Neger Indonesia yang Nonblok: Seribu Kawan Terlalu Sedikit, Satu Musuh Terlalu Banyak

"Saudara sekalian, politik luar negeri secara tradisi adalah bebas aktif adalah nonblok tidak memihak, tidak ikut pakta, tidak ikut blok-blok. Ini akan saya teruskan dengan hubungan baik dengan semua kekuatan, kita bisa mengamankan kepentingan nasional," ungkapnya. 

Diketahui, pasangan Prabowo dan Gibran menyusun strategi untuk mempersiapkan sektor pertahanan negara seandainya terpilih pada Pilpres 2024. 

Dalam bidang pertahanan negara, Prabowo-Gibran berkomitmen melakukan pencegahan terhadap aksi terorisme serta memiliki rencana mengembangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran Optimis Bisa Raup 50% Suara di Jateng, Ini Alasannya

Sedangkan, dalam bidang geopolitik dan hubungan internasional, pasangan Prabowo dan Gibran memiliki rencana melibatkan potensi diaspora Indonesia di luar negeri.

Selain itu, Prabowo-Gibran berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar oleh KPU mempertemukan tiga pasangan capres, Anies Baswedan nomor urut 1, Prabowo Subianto nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo nomor urut 3, untuk saling beradu argumen dan visi-misi mereka menjelang pesta demokrasi terbesar Indonesia pada 14 Februari mendatang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: