Golden Globes 2024: Barbie Raih Gelar Capaian Sinematik dan Box Office, Apa Artinya?

Golden Globes 2024: Barbie Raih Gelar Capaian Sinematik dan Box Office, Apa Artinya?

GOLDEN GLOBES 2024: Barbie raih gelar capaian sinematik dan box office, apa artinya? Foto: Margot Robbie (kanan) dan Greta Gerwig berpidato di Beverly Hilton Hotel, 8 Januari 2024.-Michael Buckner-Golden Globes 2024-

HARIAN DISWAY - Tidak ada yang lebih ngenes daripada Barbie di Golden Globes 2024. Datang dengan 9 nominasi, film yang dibintangi Margot Robbie itu hanya meraih dua gelar. Itu pun bukan kategori utama.

Ya, Barbie meraih Lagu Orisinal Terbaik lewat What Was I Made For yang dibawakan oleh Billie Eilish dan Finneas O’Connell. Plus satu lagi. Barbie mendapatkan gelar Capaian Sinematografi dan Box Office (Cinematic and Box Office Achievement).

"Terima kasih buat semuanya, terutama buat para Barbie dan Ken di depan maupun di belakang layar," kata Gretan Gerwig, sutradara Barbie, ketika menerima penghargaan bersama Margot Robbie, America Ferrera, dan Ryan Gosling.

BACA JUGA:Golden Globes 2024: Oppenheimer Sabet 5 Trofi, Christopher Nolan Kenang Sosok Ini

"(Film) Ini adalah pertunjukan karya seni terhebat, penuh cinta, dan paling menggembirakan yang pernah kulihat," lanjut dia.


GOLDEN GLOBES 2024: Barbie raih gelar capaian sinematik dan box office, apa artinya? Foto: dari kanan, Margot Robbie, Greta Gerwig, dan America Ferrera menunjukkan trofi Golden Globes. -Michael Buckner-Golden Globes 2024-

Gerwig berterima kasih kepada kekasih sekaligus rekannya dalam menulis skenario Barbie, Noah Baumbach. "Terima kasih sudah mengerahkan seluruh inner-Barbie-girl mu," ucap sutradara Lady Bird dan Little Women itu.

Sebenarnya, apa itu Capaian Sinematografi dan Box Office Terbaik?

Ini adalah kategori penghargaan baru di Golden Globes. Baru diadakan tahun ini. Yakni penghargaan yang diberikan kepada film-film penguasa box office dalam tahun tersebut. Tapi juga wajib memiliki kehebatan sinematik. Intinya, harus bagus sekaligus laris.

BACA JUGA:Oppenheimer Ngebom! Inilah Daftar Lengkap Pemenang Golden Globes 2024

BACA JUGA:Golden Globes 2024: Steven Yeun dan Ali Wong Jadi Aktor Asia Pertama yang Menangkan Kategori Ini

Film-film yang masuk nominasi harus setidaknya mendapatkan USD 150 juta (atau setara dengan Rp 2,3 triliun) selama masa penayangan reguler. Dan dari jumlah itu, sebanyak USD 100 juta (atau Rp 1,55 triliun) harus datang dari box office dalam negeri (AS).


GOLDEN GLOBES 2024: Barbie raih gelar capaian sinematik dan box office, apa artinya? Foto: film konser The Eras Tour Taylor Swift masuk nominasi Capaian Sinematik dan Box Office.--

Meski begitu, film-film orisinal keluaran layanan streaming juga bisa berkompetisi di kategori tersebut. Mereka perlu membuktikan jumlah penonton yang equivalent dengan jumlah persyaratan box office di atas. Datanya penontonnya juga harus dikumpulkan oleh lembaga yang bonafide di Hollywood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: