Seru! Mahasiswa PMM Umsida Geber Kirab Budaya di Sidoarjo

Seru! Mahasiswa PMM Umsida Geber Kirab Budaya di Sidoarjo

Heboh, kirab budaya penuhi jalan di Sidoarjo. Para mahasiswa PMM-3 Umsida berpose saat mengikuti Kirab Pesona Budaya Sidoarjo-umsida-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Kawasan Jalan Erlangga, SIDOARJO, tampak riuh pada Minggu pagi, 9 Januari 2024. Sekelompok orang mengikuti kirab dengan pakaian aneka rupa. Ada yang mengenakan kostum tentara jaman dulu, rakyat jelata, hingga kebaya berwarna-warni.

Mereka sedang mengikuti Kirab Budaya Pesona Budaya Sidoarjo yang bertajuk Merayakan Keberagaman Nusantara. Acara itu merupakan puncak kegiatan Kontribusi Sosial Modul Nusantara, persembahan Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke-3 (PMM-3) Abhirama Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). 

"Ini adalah peristiwa budaya yang diikuti oleh berbagai komunitas dan paguyuban seni-budaya dari berbagai daerah," ujar Bayu Hari Prasojo, pembina PMM-3.

BACA JUGA:Pentas Kentrung dan Musik Kontemporer di Dekesda Disajikan Minimalis dengan Dialog Jenaka


Heboh, kirab budaya penuhi jalan di Sidoarjo. Para peserta kirab saat telah sampai di Gedung Dekesda, Jalan Airlangga Sidoarjo.-Dewan Kesenian Sidoarjo-

Acara itu diikuti oleh Paguyuban Sekar Kawedhar, Forum Pamong Kebudayaan, Rumah Budaya Rika Rahayu Rasmi, dan Jagad Suwung. Juga Paguyuban Jenggala Manik, Papasid, Panitia GPS, Ludruk Baladda, Front Kolosal Surabaya, dan masih banyak lagi.

Para peserta PMM-3 berjumlah 22 mahasiswa. Mereka berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka sedang menjalani pembelajaran selama 1 semester di Umsida.

"Mahasiswa PMM-3 mempunyai program Kontribusi Sosial dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan memperkuat kemampuan sosial mereka bagi lingkungan," jelas Muhammad Yani selaku PIC PMM-3 Umsida.

BACA JUGA:Tujuh Program Umsida Bantu Warga Kampus dan Masyarakat


Heboh, kirab budaya penuhi jalan di Sidoarjo. Pentas jaranan yang meramaikan Kirab Budaya Pesona Sidoarjo, berlangsung di Gedung Dekesda, pada 7 Januari 2024.-Dewan Kesenian Sidoarjo-

Senada dengan itu, ketua panitia acara Joko Susilo mengatakan, "Para mahasiswa dari berbagai pulau, juga komunitas budaya dapat menciptakan kegiatan yang berdampak."

Bagi Joko, melalui event tersebut, para seniman mendapat wadah untuk berekspresi. Warga mendapat hiburan. Para pelaku UMKM dapat menjajakan dagangannya. Dan para mahasiswa mendapatkan pelajaran tentang keberagaman budaya.

Para mahasiswa itu tumplek blek bersama seniman dan pelaku budaya, melakukan kirab. Diawali dari Gedung Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda), Jalan Erlangga.

Kemudian beranjak menuju Perumahan Erlangga, Jalan Agus Salim ll,  Jalan Sidokare, Jalan Sunandar, Jalan Larangan, hingga kembali ke Gedung Dekesda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: