Menlu AS Bicara Perdamaian dan Keamanan Abadi Israel: Solusinya Adalah Jalan Menuju Negara Palestina

Menlu AS Bicara Perdamaian dan Keamanan Abadi Israel: Solusinya Adalah Jalan Menuju Negara Palestina

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (Kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz (kedua dari kanan) di Tel Aviv, Israel pada Selasa, 9 Januari 2024. -Evelyn Hockstein-POOL via AFP via Getty Images

HARIAN DISWAY – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa Israel dapat memperoleh perdamaian dan keamanan abadi melalui jalan menuju negara Palestina. Amerika Serikat dan sekutunya siap mendukung solusi jangka panjang itu demi mengakhiri kekerasan yang telah berlangsung lama.

Negara mitra Amerika Serikat yang dimaksud Blinken itu adalah Turki, Yunani, Yordania, Arab Saudi, Mesir, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Negara-negara itu telah dikunjungi Blinken dalam perjalanan diplomatik terbarunya sejak Sabtu, 6 Januari 2024.

Israel menjadi bagian dalam perjalanan diplomatik. Sehingga digelar pertemuan dengan pejabat-pejabat tinggi di Israel, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 9 Januari 2024.

BACA JUGA:Bos Mekdi Sambat Bisnisnya Seret Karena Diboikot Ramai-Ramai: Ini Semua Misinformasi

“Seperti yang saya katakan kepada perdana menteri, setiap mitra yang saya temui dalam perjalanan ini mengatakan bahwa mereka siap mendukung solusi jangka panjang yang mengakhiri siklus kekerasan yang telah berlangsung lama dan menjamin keamanan Israel,” ujar Blinken.

“Namun mereka menggarisbawahi bahwa hal ini hanya bisa dicapai melalui pendekatan regional yang mencakup jalan menuju negara Palestina,” lanjutnya dalam Konferensi Pers di Tel Aviv, Israel pada Selasa, 9 Januari 2024.

Menlu AS itu mengatakan bahwa untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan di kawasan Israel termasuk Palestina, Israel harus menjadi mitra bagi para pemimpin Palestina yang bersedia memimpin rakyatnya. Blinken menginginkan Israel dan Palestina hidup berdampingan secara damai sebagai tetangga.

BACA JUGA : Pemimpin Hizbullah Tanggapi Serangan Israel yang Tewaskan Pemimpin Hamas: Kita Tidak Bisa Diam!

“Dan Israel harus berhenti mengambil langkah-langkah yang melemahkan kemampuan rakyat Palestina untuk mengatur diri mereka sendiri secara efektif,” lanjutnya.

Dia mengatakan bahwa tindakan Israel selama ini, seperti kekerasan pemukim dan perluasan, pembongkaran, serta penggusuran pemukiman adalah tindakan yang mempersulit untuk mewujudkan tujuan itu.

“Semuanya mempersulit, bukan memudahkan bagi Israel untuk mencapai perdamaian dan keamanan abadi,” ucap Blinken.

BACA JUGA : Pemimpin Hamas Tewas, PM Lebanon Kutuk Serangan Israel di Beirut: Ini Kejahatan Baru Israel!

Menlu AS itu mengatakan bahwa tujuan untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan Israel itu adalah langkah yang sulit. Para pemimpin Israel harus berani mengambil keputusan sulit itu jika ingin mencapai perdamaian dan keamanan abadi Israel melalui jalan menuju negara Palestina.

“Jika Israel ingin negara-negara tetangganya di Arab mengambil keputusan sulit yang diperlukan untuk membantu menjamin keamanan jangka panjang, para pemimpin Israel harus mengambil keputusan sulit itu sendiri,” jelas Blinken.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: