5 Fakta Pernikahan Pangeran Mateen, Akad Nikah Tanpa Mempelai Wanita

5 Fakta Pernikahan Pangeran Mateen, Akad Nikah Tanpa Mempelai Wanita

Pangeran Mateen melangsungkan akad nikah pada Jumat, 11 Januari 2024 di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei tanpa kehadiran mempelai wanita. -People-

HARIAN DISWAY - Pangeran Brunei Darussalam Abdul Mateen resmi menikah dengan Anisha Rosnah. Pangeran Mateen melangsungkan akad nikah pada Jumat, 11 Januari 2024 di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei tanpa kehadiran mempelai wanita.

BACA JUGA: Sah! Pangeran Mateen Resmi Menikah dengan Mahar Rp 11,7 Juta

Pangeran Mateen melepas masa lajangnya dan memantapkan untuk menikah dengan teman masa kecilnya, Anisha Rosnah. Keduanya telah menjalin kasih selama beberapa tahun sebelum hari pernikahan tiba. Prosesi pernikahan tersebut berlangsung selama 10 hari sejak 7 Januari lalu.

BACA JUGA: Dapat Undangan, Jokowi Bakal Hadir di Resepsi Pernikahan Pangeran Mateen pada 14 Januari

Adapun fakta-fakta menarik dalam pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut 5 fakta pernikahan Pangeran Mateen.

  1. Mobil Mewah yang Mengantar Pangeran Mateen
    Sultan Hassanal Bolkiah hadir terlebih dahulu di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dengan dengan mobil mewah yakni Rolls-Royce Phantom VI State Limousine.

    Kemudian, Pangeran Abdul Mateen pun datang dengan mobil yang sama seperti ayahnya, tapi yang membedakan adalah mobil Pangeran Mateen merupakan keluaran terbaru. Pangeran Mateen juga diiringi oleh 7 mobil Land Rover Defender dan Mercedez-Benz.

  2. Pangeran Mateen Duduk di Kasur Namat
    Saat mengucapkan ijab kabul, Pangeran Mateen nampak gagah dengan pakaian serba putih dan duduk di sebuah Kasur Namat. Posisi duduknya berhadapan dengan penghulu dan sedikit lebih tinggi. 

    Kasur Namat merupakan tikar khusus yang digunakan dalam upacara pernikahan tradisi Melayu di Brunei Darussalam. Kasur tersebut terbuat dari kain sutra kuning yang dilapisi sutra hitam dan memiliki ukiran atau sulaman tertentu.

  3. Akad Tanpa Kehadiran Mempelai Wanita
    Dalam proses akad tersebut, Anisha Rosnah tidak terlihat mendampingi atau duduk di samping Pangeran Mateen. Hal itu ternyata sudah biasa bagi tradisi pernikahan Melayu. 

    Namun, pada saat resepsi pernikahan, 14 Januari 2024, Anisha akan mendampingi Pangeran Mateen sebagaimana mestinya kegiatan resepsi.
     
  4. Mahar 1.000 Ringgit Brunei
    Mahar yang diberikan untuk menikahi Anisha Rosnah sebesar 1.000 Ringgit Brunei atau setara Rp 11,7 Juta. Hal itu disebutkan oleh Pangeran Mateen saat mengucapkan ijab kabul.
  5. 17 Tembakan Meriam
    Usai Pangeran Mateen mengucapkan ijab kabul dengan lancar, keadaan di luar gedung pun meriah. Sebanyak 17 tembakan Meriam dilepaskan menandai bahwa Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah telah resmi sebagai sepasang suami istri. Hal itu juga menutup acara akad nikah Pangeran Mateen.

Itulah 5 fakta pernikahan Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah. Prosesi pernikahan tersebut masih akan berlanjut pada saat resepsi hingga prosesi terakhir di tanggal 16 Januari 2024. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: