Penyebab Meninggalnya Lisa Rumbewas, Lifter Legendaris Peraih Perak Olimpiade

Penyebab Meninggalnya Lisa Rumbewas, Lifter Legendaris Peraih Perak Olimpiade

PENYEBAB meninggalnya Lisa Rumbewas, lifter legendaris peraih perak Olimpiade. Foto: Lisa Rumbewas berlaga di Asian Games 2010.-STR-AFP-

HARIAN DISWAY - Dunia olahraga Indonesia berduka setelah berpulangnya Raema Lisa Rumbewas. Peraih medali Olimpiade pertama Indonesia untuk cabor angkat besi itu meninggal pada Minggu, 14 Januari 2024 di RSUD Jayapura, Papua.

Berdasarkan informasi dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Lisa Rumbewas meninggal karena epilepsi. Penyakit dia kambuh pada 6 Januari 2024. Adamina Korwa, ibunda Lisa, menuturkan bahwa putrinya tersebut memang memiliki riwayat penyakit epilepsi.

"Kebetulan, saat itu obatnya habis. Ketika kambuh di malam hari, dia (Lisa) di kamar. Ia terjatuh, tak sadar, dan keningnya sudah berdarah. Kami bawa ke rumah sakit Provita," kenang perempuan yang akrab disapa Ida tersebut.

BACA JUGA:Lifter Putri Asal Papua, Lisa Rumbewas Tutup Usia, Berikut Sederet Prestasinya

Setelah mendapat perawatan selama 3 hari di RS Provita, Lisa dirujuk ke RSUD Jayapura pada Senin, 9 Januari 2024. Di tempat tersebut, Lisa menghembuskan napas terakhirnya.


Dari kiri ke kanan: Adamina Korwa, Lisa Rumbewas, Luvenus Rumbewas (ayah Lisa), dan Kabid Binpres PB PABSI Hadi Wihardja-Dok. Hadi Wihardja-

Ida menambahkan, selama dirawat tersebut, kondisi Lisa memang tidak menunjukkan tanda-tanda membaik. Bahkan Lisa sempat mengalami kejang yang cukup parah. Tim dokter sempat memberikan obat anti kejang dan beberapa obat lainnya.

Tidak hanya epilepsi. Ternyata Lisa juga memiliki penyakit lain yang membuat kondisinya semakin parah. "Ketika di rumah sakit, katanya juga ada infeksi paru-paru dan kadar albumin juga sempat turun," ungkap Ida.

BACA JUGA:Pahlawan Muda (2): Rahmat Erwin Abdullah Kebanggan Baru Dunia Angkat Besi

Saat ini pihak keluarga Lisa sedang mencari lokasi peristirahatan terakhir untuk peraih tiga medali Olimpiade tersebut. Rencananya Lisa akan dikebumikan pada Senin, 15 Januari 2023.

Lisa merupakan lifter Indonesia pertama yang meraih medali Olimpiade. Sebelum era keemasan Eko Yuli Irawan, Windy Cantika, hingga Rahmat Erwin Abdullah. Lisa lah yang membuka keran prestasi angkat besi Indonesia.

Prestasi bersejarah Lisa terjadi di Olimpiade Sydney 2000. Pada edisi tersebut, kategori putri baru dipertandingkan. Lisa meraih perunggu pada kelas 49 kg.

BACA JUGA:Rahmat Erwin Abdullah Kecewa Gagal Raih Emas di IWF Grand Prix II 2023, Ini Sebabnya

BACA JUGA:Dua Kunci Sukses Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas Asian Games 2023 Terungkap, Ini Dia Rahasianya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber