Satu Visi dengan Anies, Ganjar Akan Hapus Batas Usia Pelamar Kerja: Kerja Itu Hak Warga Negara, Hak Lho Ya!

Satu Visi dengan Anies, Ganjar Akan Hapus Batas Usia Pelamar Kerja:  Kerja Itu Hak Warga Negara, Hak Lho Ya!

Ilustrasi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

PURBALINGGA, HARIAN DISWAY - Komitmen Ganjar-Mahfud untuk menghapus batas usia pelamar kerja menjadi perbincangan hangat setelah cuitan dari calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, viral di aplikasi media sosial X pada Minggu malam, 14 Januari 2024. Sikapnya itu sama dengan Capres nomor urut 2 Anies Baswedan.

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa gagasan ini merupakan hasil aspirasi yang diterima dari masyarakat. Menurutnya, banyak warga yang merasa tidak adil karena batasan usia dalam dunia kerja.

"Banyak orang yang menyampaikan, saya masih muda, kok saya tidak bisa bekerja, rasanya enggak fair juga. Kan ukuran kerja itu bisa dilihat dari tes fisiknya, tes kemampuannya gitu kan, bukan berarti yang muda selalu bisa, dan bukan berarti yang tua dianggap tidak bisa, belum tentu kan," ujar Ganjar di Hotel Owabong, Purbalingga, Senin, 15 Januari 2024.

Ganjar menegaskan bahwa masukan dari masyarakat menjadi pertimbangan utama bagi mereka.

Ia menganggap bahwa memberikan kesempatan tanpa batasan usia dalam dunia kerja akan menciptakan suasana yang lebih adil, karena, menurutnya, pekerjaan merupakan hak setiap warga negara.

“Maka, dia berhak tanpa dibatasi aturan,” papar Ganjar.

BACA JUGA:Boom! Anies Bakal Hapus Syarat Usia Pelamar Kerja, Berlaku untuk Pegawai Negeri dan Swasta

BACA JUGA:Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno Berlari di Acara Penguin SeliweRun: Merayakan Kreativitas dan Kewirausahaan

Beberapa hari sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga telah menegaskan janji mereka untuk menghapus batas usia pelamar kerja jika terpilih pada Pemilihan Presiden 2024.

Pernyataan ini muncul sebagai respons terhadap kasus lowongan kerja di salah satu bank BUMN yang menetapkan batas maksimal usia pelamar 24 tahun.

"Kalau hanya keputusan menteri atau mungkin keputusan gubernur BI (Bank Indonesia), nanti bisa pemerintah lebih mudah untuk mengajak mengubah. Tinggal revisi undang-undang (UU) atau apa," kata Mahfud MD di Bangil, Jawa Timur. 

Diskusi ini mencuat setelah akun @worksfess di media sosial X membagikan informasi lowongan pekerjaan di bank BUMN, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, yang mencantumkan batas usia pelamar.

Hal ini memicu perdebatan di platform tersebut, dengan banyak pengguna yang menyampaikan ketidaksetujuan terhadap diskriminasi usia dalam rekrutmen.

Satu Visi dengan Anies soal penghapusan batas usia pelamar kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: