Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (2): Prof. Dr. Dra. Juniarti, M.Si., Ak., CA., CMA.

Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (2): Prof. Dr. Dra. Juniarti, M.Si., Ak., CA., CMA.

Satu dari empat guru besar PCU yakni Prof Juniarti, Guru Besar sekaligus YouTuber yang memiliki ribuan subscriber. Dia sering mengunggah tip-tip terkait dunia investasi.-Petra Christian University-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Jumlah Guru Besar di Petra Christian University (PCU) bertambah. Universitas yang merupakan kampus swasta terbaik Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) South-Eastern Asia University Rankings 2023 itu memiliki empat profesor dari Faculty of Industrial Technology dan School of Business Management.

Prof Juniarti, Prof Njo Anastasia, Prof Juliana Anggono, dan Prof Zeplin Jiwa Husada Tarigan. Keempat Profesor itu tentu memiliki kisah berikut kontribusi mereka dalam masyarakat, juga dalam dunia akademik. Berikut profil keempat guru besar PCU dari Faculty of Industrial Technology dan School of Business Management.

BACA JUGA: Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (1): Prof. Dr. Juliana Anggono, S.T., M.Sc.

Prof. Dr. Dra. Juniarti, M.Si., Ak., CA., CMA.

"Rumus Investasi Aman Bagi Pemula"

Akutansi PCU akhirnya memiliki Guru Besar. Namanya Prof Juniarti. Dia meraih gelar tertinggi berdasarkan SK Mendikbudristek, 18 September 2023. 

Prof Juniarti memiliki topik riset tentang dunia investasi. Salah satunya, terkait tip menjadi investor saham bagi pemula. Khususnya bagi kalangan Gen-Z.

"Paling awal, tentu dengan melihat produknya. Kemudian industri yang menaunginya, serta manajemennya. Dapatkan informasi, analisa dari beragam media yang ada tentang saham yang akan dijadikan investasi," ungkap dosen program Business Accounting PCU itu. 

Dia pun kerap berbagi tip terkait itu dalam channel YouTube pribadinya. Hingga ia meraih 2.71K subscriber. Salah satu tipnya yang paling penting adalah penggunaan analisis fundamental untuk menentukan saham apa yang memiliki masa depan yang baik. 

BACA JUGA: Gelar SFF 2023, PCU Ajak Pelajar Peduli Lingkungan

Dalam channelnya itu, Prof Juniarti pernah membahas topik back door listing. Kemudian prediksi tentang berbagai perusahaan yang akan kolaps karena corporate action yang tidak tepat sasaran.
PCU punya empat guru besar. Keempat Guru Besar baru di PCU bersama Rektor PCU Prof Djwantoro Hardjito. Keempat Guru Besar itu masing-masing berasal dari dua fakultas di PCU. -Petra Christian University-

Raihan jabatan akademik tertinggi itu perlu proses panjang. Prof Juniarti telah menjalaninya sejak 2021. Tepatnya setelah lulus pendidikan S3 pada 2016. "Selama lima tahun, Puji Tuhan semua prosesnya bisa selesai dengan baik," ungkapnya.

Dia menuturkan bahwa kini ada banyak syarat jadi Guru Besar. Seperti harus pernah menjadi ketua peneliti hibah Dikti, atau pernah menguji mahasiswa doktoral. Mulai dari proposal sampai ujian terbuka. Bisa juga dengan menjadi reviewer dari jurnal internasional bereputasi.

"Tapi yang paling utama adalah memiliki karya penelitian," ungkap akademisi yang bergabung di PCU sejak 1994 itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: