Vietnam vs Indonesia 0-1: Buah Kecerdikan Shin Tae-yong Bangun Pertahanan

Vietnam vs Indonesia 0-1: Buah Kecerdikan Shin Tae-yong Bangun Pertahanan

VIETNAM vs Indonesia 0-1, buah kecerdikan Shin Tae-yong bangun pertahanan. Foto: Pagar defensif timnas, dari kiri, Sandy Walsh, Rizky Ridho, dan Ivar Jenner setelah mengalahkan Vietnam di Ajang Piala Asia 2023, 19 Januari 2024. -Karim Jafaar-AFP

Memasuki babak kedua, timnas Vietnam meningkatkan intensitas serangan. Shin Tae-yong merespons cepat dengan menarik keluar Asnawi. Dan menggantinya dengan Witan Sulaeman.


VIETNAM vs Indonesia 0-1, buah kecerdikan Shin Tae-yong bangun pertahanan. Foto: Yakub Sayuri menghentikan Nguyen Tuan Anh di babak kedua.-Karim Jafaar-AFP

Egy Maulana digantikan Adam Alis yang diposisikan bermain lebih ke dalam. Sedangkan Rafael Struick digantikan Hokky Caraka yang mengisi posisi sebagai target man sendirian. Menumpuklah jumlah gelandang di tengah, Hubner dan Walsh selalu bergantian melapis ruang gelandang tengah.

Jordi Amat cedera. STY pun mudah menambalnya dengan Rizky Ridho. Dari 4 pergantian itu, struktur bertahan ala STY masih dinamis.

BACA JUGA:Rafael Struick Optimistis Timnas Indonesia Lolos dari Grup D Piala Asia 2023

Menurut statistik di akhir laga, timnas Vietnam hanya melakukan 10 tendangan. Dan hanya 2 di antaranya yang on target. Sedangkan timnas Indonesia sudah lepaskan 16 tendangan, 5 di antaranya mengancam gawang lawan.

Meski ball possession 57% jadi milik timnas Vietnam, timnas Indonesia masih bisa lebih unggul dalam serangan. Total ada 133 kali serangan, di mana 30 kali di antaranya adalah serangan berbahaya.

Sepanjang laga, Ernando Ari dan Yakob Sayuri lah bintangnya. Keduanya bisa patahkan momen pemain Vietnam untuk cetak gol.

Melawan timnas Jepang di laga hidup mati Grup D, akankah Garuda bisa terbang lebih tinggi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: