Debat Cawapres Diprediksi Lebih Seru, Serangan Cak Imin dan Mahfud Md Akan Lebih Tajam

Debat Cawapres Diprediksi Lebih Seru, Serangan Cak Imin dan Mahfud Md Akan Lebih Tajam

DEBAT Cawapres diprediksi lebih seru, serangan Cak Imin dan Mahfud Md akan lebih tajam.-Yuda Sanjaya-Radar Kuningan

HARIAN DISWAY– Debat keempat Pilpres 2024 berlangsung nanti malam di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Kali ini para cawapres akan adu gagasan untuk kali kedua.

Muhaimin Iskandar mewakili paslon nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Mohammad Mahfud Md dari pasangan nomor urut 3.

Tema yang dibahas tak kalah serius dari sebelumnya. Yakni Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

BACA JUGA:Prabowo-Ganjar Memanas Jelang Debat Cawapres: Lebih Penting Makan atau Internet?

Ketiga cawapres, tentu saja, sudah menyiapkan strategi masing-masing. Apalagi, pada debat cawapres edisi perdana lalu, terjadi begitu banyak kejutan. Hasilnya, para pengamat banyak yang sepakat bahwa Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua lawannya.


DEBAT Cawapres diprediksi lebih seru, serangan Cak Imin dan Mahfud Md akan lebih tajam. Foto: Muhaimin Iskandar di debat cawapres pertama, 7 Januari 2024.-YouTube KPU-

"Nah, nanti malam akan berlangsung lebih sengit lagi," prediksi Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs Ahmad Khoirul Umam.

Debat cawapres perdana lalu diwarnai dengan materi serangan yang cukup intens sejak awal. Terutama, Gibran yang tampil menyerang dan menciptakan poin-poin politik. Hingga membuat Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud Md kehilangan momentum serangan balik.

BACA JUGA:Anies Yakin Debat Cawapres Bakal Seru: Gus Imin Menguasai Tema

BACA JUGA:Kapan Debat Cawapres Keempat? Ini Link Nonton dan Temanya..

Menurut Umam, malam ini Cak Imin harus lebih percaya diri merepresentasikan spirit perubahan dengan tampil menyerang. Dan tidak lagi fokus pada gimmick yang monoton.

Sementara itu, Gibran tetap perlu melanjutkan strategi menyerang sebagai metode bertahan yang efektif. Sebagaimana lanjutan dari strategi debat sebelumnya.


DEBAT Cawapres diprediksi lebih seru, serangan Cak Imin dan Mahfud Md akan lebih tajam. Foto: Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres pertama, 7 Januari 2024. -YouTube KPU-

Di sisi lain, Mahfud Md harus tampil lebih trengginas dengan persiapan materi yang lebih matang dan variatif. Sehingga basis argumen yang digunakan tidak lagi-lagi mengedepankan logika hukum sebagai kepakaran utamanya. Tapi lebih masuk dalam penjelasan kebijakan publik secara logik dan meyakinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: