Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Evakuasi Gunung Merapi

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Evakuasi Gunung Merapi

Presiden Jokowi -Tangkapan layar akun YouTube Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat ruas jalan daerah di Magelang, Jawa Tengah pada Senin, 22 Januari 2024.

Ruas-ruas tersebut nantinya menjadi jalur evakuasi warga sekitar gunung Merapi.

Adapun empat ruas jalan di Magelang yang diresmikan Jokowi, adalah Muntilan, Keningar, Sukomakmur, dan Petung Pakis. Empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer tersebut menghabiskan anggaran hingga Rp 31,9 Miliar Rupiah.

"Ruas Muntilan-Keningar, Sukomarmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tunjuk (untuk diperbaiki) dan sudah selesai," ungkap Jokowi dalam pidatonya, yang disaksikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

BACA JUGA:Jokowi Tanggapi Santai Wacana Pemakzulan Presiden

BACA JUGA:Ini Pesan Jokowi Saat Temui Para Rektor di Graha Unesa Surabaya

Lebih lanjut, Jokowi menyebut alokasi anggaran Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah Tahun 2023 sebar Rp 14,6 Triliun Rupiah. Anggaran tersebut untuk perbaikan dan pembangunan jalan di desa.

Sementara untuk Provinsi Jawa Tengah sendiri, pemerintah telah menganggarkan Rp 1,36 Triliun Rupiah. Yang mana dipergunakan untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

Mantan Gubernur Jakarta tersebut menerangkan bahwa ruas jalan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) tidak menggunakan aspal.

Melainkan dengan rigid beton supaya lebih awet.

"Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir. Besar-besar. Sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet," ungkapnya.

BACA JUGA:Maruarar Sirait Tampil di Acara Konsolidasi Dukungan Prabowo: Jokowi dan Prabowo Adalah Teladan Kerukunan

BACA JUGA:Jaga Jalan Tetap Mantap, Dinas PUPR Jombang Buat Saluran dan Pemotongan Pohon

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Sejumlah menteri Kabiner Indonesia Maju juga turut hadir. Seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: