Wamenparekraf RI Gandeng ISSITA Jatim Untuk Kembangkan Sport Tourism

Wamenparekraf RI Gandeng ISSITA Jatim Untuk Kembangkan Sport Tourism

Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA) menggelar pelantikan yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Ketua Umum DPP ISSITA Isyak Meirobie.-Julian Romadhon/Harian Disway-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) RI Angela Tanoesoedibjo bersama Indonesian Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA) akan mengembangkan sport tourism di Indonesia menjadi lebih maju.

Hal itu dikatakan Angela saat menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISSITA Jawa Timur. Acara pelantikan berlangsung di Oakwood Hotel & Residence Surabaya pada Minggu, 28 Januari 2024.

"Saya sangat mengapresiasi sekali pembentukan ISSITA di Jawa Timur ini. Kami dari Kemenparekraf siap berkolaborasi untuk memajukan sport tourism dan wisata minat khusus agar bisa dikambangkan lagi potensinya," tambah Angela.

BACA JUGA:Rinjani Geopark Sport Tourism, Bukti Pariwisata Ramah Pandemi

BACA JUGA:Kemenparekraf Tawarkan Pariwisata Indonesia ke Pengusaha Properti Dubai

Anda sudah tahu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) baru saja melantik Rony Candra sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISSITA wilayah Jawa Timur. Ketua DPP ISSITA Isyak Meirobi mengatakan jika Jawa Timur merupakan DPD pertama dari ISSITA semenjak terbentuk pada 2023 lalu.

Pendirian ISSITA berawal dari banyaknya sport tourism dan wisata minat khusus yang tidak digarap dengan baik. Kesadaran tersebut mendasari terbentuknya ISSITA yang memiliki tagline "merajut pesona Indonesia". Harapannya, bisa menjadi wadah untuk pengembangan sport tourism dan wisata minat khusus.

"Jadi dulu itu sport tourism dan wisata minat khusus itu berdiri sendiri-sendiri jadi susah untuk berkembang. Selain itu wadahnya juga tidak ada. Oleh sebab itulah melalui Kemenparekraf kita dirikan ISSITA yang resmi berdiri tahun 2023," ucapnya Angela pada wartawan usai pelantikan.

BACA JUGA:Kemenparekraf Tawarkan Pariwisata Indonesia ke Pengusaha Properti Dubai

BACA JUGA:Journey to TGX: Kolaborasi Menghidupkan Trenggalek Lewat Sport Tourism

Sementara itu Ketua DPD ISSITA Jatim yang baru saja dilantik, Rony Candra mengatakan akan fokus menggarap wisata-wisata olahraga yang berpotensi besar untuk dikembangkan dan menarik wisatawan.

Seperti pickleball yang tengah populer di Bali. pickleball adalah olahraga yang menggabungkan permainan tenis meja, bulu tangkis, dan tenis lapangan.

"Jadi yang ingin kita kembangkan adalah wisata olahraga seperti pickleball. Saat ini banyak dimainkan para bule di Bali. Tentu ini bisa menjadi potensi yang bagus untuk mengembangkan wisata olahraga di Indonesia," tandas Rony.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: