Irak vs Yordania 2-3, Kenapa Aymen Hussein Kena Kartu Merah? Ini Penjelasannya

Irak vs Yordania 2-3, Kenapa Aymen Hussein Kena Kartu Merah? Ini Penjelasannya

IRAK vs Yordania 2-3, kenapa Aymen Hussein kena kartu merah setelah cetak gol? Ini penjelasannya. Foto: Wasit Alireza Faghani memberikan kartu merah ke Aymen Hussein pada laga16 Besar Piala Asia 2023, 29 Januari 2024. -Reuters-

HARIAN DISWAY - Irak di ambang kemenangan di babak 16 Besar Piala Asia 2023. Mereka baru saja unggul 2-1 atas Yordania dalam pertandingan yang digelar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, 29 Januari 2024.

Mereka unggul berkat gol Aymen Hussein di menit ke-76. Singa Mesopotamia (sebutan Irak) sudah menapakkan satu kaki di perempat final Piala Asia.

Namun, tak disangka, wasit Alireza Faghani mengeluarkan kartu kuning dari sakunya. Dan menunjukkannya ke Aymen Hussein. Nahas. Itu adalah kartu kuning keduanya pada pertandingan itu. Berikutnya, wasit mengacungkan kartu merah.

BACA JUGA:Penyebab Indonesia Kalah 0-4 oleh Australia di Piala Asia 2023 Menurut Shin Tae Yong

Kehilangan satu pemain penting di 15 menit terakhir pertandingan berefek fatal bagi Irak. Mereka kebobolan dua gol di injury time. Yakni lewat Yazan Al-Arab di menit ke-95, dan Nizar Al-Rashdan dua menit kemudian.


IRAK vs Yordania 2-3, kenapa Aymen Hussein kena kartu merah setelah cetak gol? Ini penjelasannya. Foto: Selebrasi makan rumput ala Aymen Hussein. -SSQ-

Situasi berbalik jadi 2-3 untuk keunggulan Yordania. Tim besutan Hussein Ammouta itu pun berhak lolos ke babak 8 Besar Piala Asia 2023.

Pertanyaannya, kenapa Aymen Hussein, top scorer Piala Asia 2023 di fase grup itu, mendapatkan kartu kuning kedua setelah mencetak gol? Seburuk apa selebrasinya?

BACA JUGA:Indonesia Dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong Berterima Kasih pada Pemain

BACA JUGA:Analisis Taktik Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Strategi STY Dipuji Jepang

Sekilas, tidak ada yang salah dengan selebrasi itu. Setelah membobol gawang Yordania, Aymen Hussein berlari ke depan kotak penalti, lalu duduk bersila. Ia memeragakan gerakan makan dengan tangan. Seperti di tahlilan.

Sayangnya, perayaan gol semacam itu tidak diperbolehkan. Bukan masalah makan atau apa pun. Namun, selebrasi itu termasuk dalam kategori gerakan yang diorkestrasi. Sehingga berpotensi mengulur waktu atau menunjukkan gestur ofensif.


IRAK vs Yordania 2-3, kenapa Aymen Hussein kena kartu merah setelah cetak gol? Ini penjelasannya. Foto: Aymen Hussein bereaksi setelah mendapatkan kartu merah. -Karim Jafaar-AFP

Pasal 12 aturan FIFA dengan jelas mengatur soal selebrasi gol. Perayaan tidak boleh berlebihan (sehingga mengulur waktu), dan terorkestrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber