Penyebab Indonesia Kalah 0-4 oleh Australia di Piala Asia 2023 Menurut Shin Tae Yong

Penyebab Indonesia Kalah 0-4 oleh Australia di Piala Asia 2023 Menurut Shin Tae Yong

INDONESIA dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong berterima kasih pada pemain. Foto: bek Indonesia Sandy Walsh (nomor 6) sempat mengancam gawang Australia di babak pertama.-Hector Retamal-AFP

HARIAN DISWAY - Indonesia memang kalah 0-4 oleh Australia di babak 16 Besar Piala Asia 2023. Kekalahan itu terjadi dalam laga yang digelar di stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, pada Minggu malam, 28 Januari 2024.

Indonesia memperpanjang rekor 43 tahun tak pernah mengalahkan Australia dalam berbagai ajang.

Menurut pelatih Shin Tae-yong, Indonesia kalah bukan karena bermain buruk. Karena faktanya, Asnawi Mangkualam dkk bermain bagus, meski kebobolan 4 gol tanpa balas.

"Menurutku kami tidak kalah dalam hal performa. Faktanya, pemain kita berkembang sangat pesat," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers pasca-pertandingan yang dikutip Reuters.

BACA JUGA:Indonesia Dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong Berterima Kasih pada Pemain

"Aku memberi mereka instruksi bermain, dan mereka mengikuti instruksi itu dengan sangat sangat baik. (Penampilan bagus) itu berasal dari persiapan kami," papar pelatih asal Korea Selatan tersebut.


PENYEBAB Indonesia kalah 0-4 oleh Australia di Piala Asia 2023 menurut Shin Tae Yong.-Hector Retamal-AFP

Lalu, apa penyebab Indonesia kalah? "Kami kalah karena ada perbedaan level yang sangat signifikan. Juga karena kalah pengalaman dan konsentrasi," paparnya.

"Suatu hari nanti, kami juga akan mencapai level yang setara dengan Australia," janji Shin Tae-yong.

BACA JUGA:Analisis Taktik Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Strategi STY Dipuji Jepang

BACA JUGA:Piala Asia 2023: Melihat Kembali Perjalanan Timnas Indonesia Hingga Capai 16 Besar

Indonesia memang bermain bagus. Terlebih di babak pertama. Timnas Garuda mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Tim besutan Graham Arnold agak terkejut oleh serangan sporadis Indonesia pada menit ke-6.

Keunggulan Australia juga berbau keberuntungan. Serangan balik Australia gagal ditahan oleh para defender Indonesia. Hingga sepakan keras Jackson Irvine membentur kaki bek kiri Indonesia Elkan Bagott yang berusaha menyapunya. Bola justru berbelok arah ke gawang Ernando Ari.

Bahkan setelah kebobolan, Indonesia tidak takut. Mereka malah meningkatkan tensi serangan. Hingga menghasilkan dua peluang matang lagi. Sayang, 2 peluang itu tidak bisa dieksekusi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters