77 Kali Pertemuan demi Solusi Kesejahteraan Sopir Transportasi Umum di Jakarta adalah Rekam Jejak Anies yang Tak Boleh Dilupakan

77 Kali Pertemuan demi Solusi Kesejahteraan Sopir Transportasi Umum di Jakarta adalah Rekam Jejak Anies yang Tak Boleh Dilupakan

Acara Desak Anies yang digabung dengan Slepet Imin dengan tajuk pekerja dihelat di JI Expo Hall A, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024. -AMIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Acara Desak Anies digabung dengan Slepet Imin dengan tajuk pekerja dihelat di JI Expo Hall A, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024.

BACA JUGA: Dalam Desak Anies, Anies Janjikan Ojol Punya BPJS Khusus

Dalam acara itu, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan yang mendapat pertanyaan tentang keberpihakan bagi pekerja transportasi yang menjadi mitra aplikator. 

“Rekam jejak kami ketika di Jakarta tidak meninggalkan buruh dalam pembuatan kewenangan. Kalau kami mendapatkan kewenangan, kami berencana di bulan-bulan pertama langsung (soal kemitraan Ojek dan aplikator) dibahas. Langsung kita bikin timnya. Task force-nya langsung bahas sama-sama,” ujar Anies. 

“Saya ingatkan ketika kami mengundang seluruh operator transportasi umum di Jakarta, lebih 27 operator. Pertemuan pertama panasnya luar biasa. Saya belum pernah datang sebuah pertemuan sepanas itu,” ucapnya. 

Kita mencari jalan keluar, kesepakatan, kata Anies, untuk seluruh transportasi umum. “Akhirnya ketemu (solusi). Berapa kali pertemuan? Sampai 77 kali pertemuan sampai selesai. Tetapi sampai pada kesepakatan. Begitu sampai pada kesepakatan, sampai hari ini tenang, teduh, damai. Karena itu kesepakatan,” papar dia.

BACA JUGA: Anies: Transparansi Komisi Pengemudi Ojol Jamin Rasa Berkeadilan

Kadang di pemerintahan, ujar Anies, kita tidak sabar. Inginnya cepat saja bikin aturan. “Paling demo dua tiga kali dihadapi. Habis itu hilang. Tidak bisa, jangan begitu. Kita harus bahas sama-sama. Kita cari jalan tengahnya," katanya.

"Di samping kita tahu ada sebagian yang menginginkan fleksibilitas. Pekerja di ojol tidak ingin terikat secara ketat. Jadi kita cari jalan sama-sama,” ujar Anies. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: