Jelang Debat Capres Terakhir, Prabowo Dorong Pekerja Lokal jadi Karyawan Tetap

Jelang Debat Capres Terakhir, Prabowo Dorong Pekerja Lokal jadi Karyawan Tetap

Capres Prabowo Subianto dalam salah satu kegiatan kampanye.--

HARIAN DISWAY - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto ingin mendorong perusahaan menempatkan pekerja lokal yang termasuk ke dalam angkatan kerja berusia 18-24 tahun sebagai karyawan tetap.

Alih-alih merekrut Tenaga Kerja Asing (TKA), Prabowo-Gibran justru akan memberikan subsidi premi asuransi untuk pekerja selama 12 bulan. 

Selain itu, keduanya berkomitmen menambah sekaligus menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya dengan mengutamakan tenaga kerja lokal untuk mengurangi tingkat pengangguran.

BACA JUGA:Kyai Fuad Noerhasan Sidogiri dan Khofifah Pose Dua Jari, Doakan Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

“Semua kekayaan alam kita harus dikelola di Indonesia oleh orang Indonesia di pabrik Indonesia dan yang bekerja di situ anak Indonesia. Kita juga bertekad agar upah tidak minimum terus-terusan,” tuturnya di Jakarta, Selasa (30/1).

Lebih lanjut, paslon yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu akan lebih selektif dalam melakulan pengawasan terhadap TKA agar kekayaan alam Indonesia dapat dinikmati oleh bangsa sendiri.

"Memperketat masuknya TKA melalui pembentukan Satgas Pengawasan TKA untuk melindungi tenaga kerja dalam negeri," kata Prabowo dilansir dari Visi-Misi paslon nomor 2 itu.

BACA JUGA:Aplikasi Suarapagi.id untuk Kawal Suara Prabowo-Gibran di TPS

Sejalan dengan debat terakhir capres yang mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi, paslon Prabowo-Gibran menawarkan gagasannya yang terangkum dalam Asa Cita poin 3 hingga 5.

Dikutip dari Asta Cita 3, keduanya mengusung perbaikan di bidang ketenagakerjaan berupa meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur. 

Sedangkan, pada agenda Asa Cita 4, paslon Prabowo-Gibran ingin menjawab tantangan terkait penguatan SDM, khususnya peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas. Keduanya berjanji meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui berbagai pelatihan kerja yang tersertifikasi.

BACA JUGA:Terima Dukungan Dari Santri Muda, TKN Pastikan Prabowo-Gibran Wujudkan Dana Abadi Pesantren

Balai Latihan Kerja (BLK) juga menjadi fokus dalam program paslon nomor urut 2 ini. Prabowo-Gibran berjanji akan merevitalisasi BLK dengan penerapan berbasis kompetensi kriya dan seni kreatif guna meningkatkan kualitas tenaga kerja agar produktif dan berdaya saing. 

Kemudian yang terakhir, Prabowo-Gibran berencana melakukan agenda pengembangan hilirisasi untuk pusat pertumbuhan ekonomi baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: