Shin Tae Yong Dapat Tawaran Melatih Negara Lain, Erick Thohir Tawarkan Kontrak Hingga 2027

Shin Tae Yong Dapat Tawaran Melatih Negara Lain, Erick Thohir Tawarkan Kontrak Hingga 2027

Shin Tae Yong dapat tawaran melatih Negara lain, begini tanggapan Erick Thohir--X @erickthohir

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima tawaran untuk melatih tim nasional dari negara lain setelah perjalanan timnya terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023. Erick Thohir memberikan tanggapan atas kabar tersebut. 

Pengakuan mengejutkan ini disampaikan Shin Tae Yong saat diwawancarai oleh media ternama Korea Selatan, Sports Kyunghyang, pada Senin, 29 Januari 2024.

Dalam keterangannya, Shin Tae Yong menyampaikan bahwa tawaran tersebut mencuat sekitar seminggu yang lalu, yang menunjukkan gambaran bahwa prestasi dan kemampuannya sebagai pelatih telah menarik perhatian pihak-pihak lain di kancah sepak bola Internasional.

Pernyataan itu menambahkan dimensi baru pada karir pelatih asal Korea Selatan yang telah membawa perubahan positif di Timnas Indonesia.


INDONESIA dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong berterima kasih pada pemain. Foto: Rafael Struick berusaha melewati bek Australia di babak 16 Besar Piala Asia 2023, 28 Januari 2024.-Hector Retamal-AFP

"Saya mendapat tawaran (negara lain) sekitar satu pekan lalu," ucap STY, mengisyaratkan bahwa dirinya telah menjadi objek incaran beberapa federasi sepak bola lainnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan tegas menegaskan komitmennya terhadap prinsip profesionalisme dalam menanggapi peran luar biasa Timnas Indonesia di penyisihan Piala Asia 2023, yang dibawa oleh pelatihnya, Shin Tae Yong. 

BACA JUGA:Timnas U-20 Indonesia Kalah dari Uzbekistan, Indra Sjafri Akan Coret Pemain!

BACA JUGA:Membedah Ramuan Shin Tae-Yong : Perjalanan Indonesia di Piala Asia dalam Angka

Keberhasilan Timnas Indonesia melangkah ke babak berikutnya dari fase grup Piala Asia menjadi bukti nyata perubahan baik dalam dunia sepak bola Tanah Air.

Dalam pernyataannya yang disampaikan di Bali pada Selasa, 30 Januari 2024, Erick Thohir menunjukkan sikap profesionalnya dengan menyatakan bahwa ia akan menghormati keputusan Shin Tae Yong, apabila ingin mundur dari posisinya. 

Namun, Erick juga menekankan adanya kesepakatan kontrak yang mencakup dua parameter penting, yakni kesuksesan Timnas senior mencapai 16 besar Piala Asia dan Timnas U-23 melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Jika coach Shin mau mundur, saya tidak bisa menolak. Tapi Kesepakatan saya dan Shin Tae Yong yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U23 bagi timnas muda kita. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027," ungkapnya dengan mantap.

Erick Thohir, meskipun menyatakan kepuasannya terhadap kinerja Shin Tae Yong, tetap menetapkan target prestasi tinggi di tingkat Asia untuk pelatih yang telah menangani Timnas Indonesia sejak 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: