Mahfud MD Mundur Tunggu Ketemu Jokowi, Singgung Soal Etika

Mahfud MD Mundur Tunggu Ketemu Jokowi, Singgung Soal Etika

MAHFUD MD mundur dari jabatan Menko Polhukam, saya tidak mau colong playu! Foto: Mahfud MD memberikan pernyataan di Pura Ulun Danu Lampung, 31 Januari 2024-YouTube KompasTV-

HARIAN DISWAY - Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan mundur dari jabatannya di Kabinet Indonesia Maju. Ia akan menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo besok, Kamis, 1 Februari 2024.

Pernyataan itu disampaikan di depan Pura Ulun Danu, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah. Di sela kunjungan ke provinsi paling selatan di Sumatera tersebut.

Mahfud MD menegaskan, apa pun yang terjadi, ia harus menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung kepada Jokowi. Ia tidak mau melarikan diri. Atau yang dalam istilahnya, tinggal gelanggang colong playu. Apa sebab?

BACA JUGA:Mahfud MD Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Saya Tidak Mau Colong Playu!

"Kenapa kami, sekali lagi, harus atau bersikap tidak boleh tinggal gelanggang colong playu? Ya itu tadi, karena etika," kata Mahfud MD.


MAHFUD MD mundur dari jabatan Menko Polhukam, saya tidak mau colong playu! Foto: Mahfud MD memberikan pernyataan di Pura Ulun Danu Lampung, 31 Januari 2024.-YouTube KompasTV-

"Etika itu adalah ekspresi moral. Etika itu adalah ekspresi dari kejujuran. Etika itu ekspresi dari penghayatan keagamaan dan kesantunan budaya," tuturnya. "Makanya saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum saya bertemu kepada Presiden," lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Sebelumnya, Mahfud mengatakan bahwa ia ditunjuk menjadi Menko Polhukam oleh Jokowi pada 2019. Yang artinya ia diberi mandat dan tanggung jawab penuh untuk melaksanakan tugas-tugas terkait politik, hukum, dan keamanan.

BACA JUGA:Goodbye Jokowi, Mahfud MD Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

BACA JUGA:Soal Mahfud Md Mundur dari Kabinet Jokowi, Kok Baru Sekarang?

Nah, ketika ia ingin berhenti, maka ia juga harus mundur dengan baik-baik. Ia tidak mau terkesan meninggalkan tugas begitu saja. Maka, meski ada kabar bahwa Jokowi merestui pengunduran dirinya, Mahfud tetap merasa perlu untuk menghadap langsung. Dan menyatakan niatnya.

"Saya dulu diangkat dengan hormat, (saya) menerima pengangkatan dengan hormat. Maka saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau," jelas Mahfud MD. "Saya akan melaporkan saya sudah selesai," pungkasnya.


MAHFUD MD mundur dari kabinet tunggu Jokowi, singgung soal etika.-YouTube Mahfud MD Official-

Setelah siaran langsung di depan media elektronik di Pura Ulun Danu, Mahfud MD masih menjawab beberapa pertanyaan wartawan. Salah satunya, ia menjelaskan alasannya mundur dari kabinet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: