Sulit Jalan dan Nyanyi, Efek Stiff Person Syndrome pada Celine Dion

Sulit Jalan dan Nyanyi, Efek Stiff Person Syndrome pada Celine Dion

Mengenal penyakit stiff person syndrome yang diderita Celine Dion--instagram @celinedion

HARIAN DISWAY - Celine Dion, penyanyi pop legendaris asal Kanada tengah menghadapi ujian berat. Dia menderita penyakit langka yang disebut stiff person syndrome.

Penyakit itu membuat dia sulit untuk bergerak dan beraktivitas seperti biasa. Dia pernah mengalami kejang otot parah pada Desember 2022. Hingga membuat Celine Dion harus membatalkan rangkaian tur konser keliling dunia.

Stiff person syndrome merupakan sebuah kelainan langka yang memengaruhi sistem saraf pusat, terutama otak dan sumsum tulang belakang.

BACA JUGA:Celine Dion Bagikan Kisah Perjuangan Melawan Stiff Person Syndrome Lewat Dokumenter

Kelainan neurologis itu termasuk dalam kategori autoimun. Yang berarti sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri. Menyebabkan gejala kejang dan kekakuan otot.


SULIT jalan dan nyanyi, efek stiff person syndrome pada Celine Dion. Foto: Celine Dion menjelaskan kondisinya pada Desember 2022.-Instagram Celine Dion-

Gejala utamanya adalah kekakuan pada beberapa bagian tubuh. Seperti leher, punggung, dan kaki, yang sering disertai dengan kejang otot yang intens.

Yang pertama mengungkap bahwa Celine Dion menderita sindrom stiff-person adalah kakak perempuan dia, Claudette Dion. Claudette mengungkapkan kondisi tersebut setahun setelah Celine Dion didiagnosa penyakit langka. Sebelumnya, penyanyi My Heart Will Go On itu hanya disebut kelelahan.

BACA JUGA:Celine Dion Masih Berjuang Melawan Sindrom Stiff-person

BACA JUGA:Alasan Celine Dion Batalkan Konser Semata Demi Penggemarnya

"Dia bekerja keras, tapi dia tidak bisa mengendalikan ototnya. Pita suara adalah otot dan jantung juga merupakan otot," ungkap Claudette pada 2023.

Celine Dion kali pertama mengumumkan mengenai penyakitnya pada akhir Desember 2022. Ia membatalkan sejumlah konsernya dan menjelaskan gejala awal kejang otot yang dialaminya.

"Baru-baru ini, aku didiagnosa menderita kelainan saraf yang sangat langka. Namanya Stiff Person Syndrome (SPS). Ia hanya menimpa satu di antara sejuta orang," tutur Dion kala itu.


SULIT jalan dan nyanyi, efek stiff person syndrome pada Celine Dion. Foto: Celine Dion (kanan) bersama Claudette Dion pada 1999.-Gamma Rapho-via Getty Images

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: variety