Civitas Akademika UGM dan UII Kompak Kritik Manuver Presiden Dalam Pilpres 2024, Unair Bagaimana?

Civitas Akademika UGM dan UII Kompak Kritik Manuver Presiden Dalam Pilpres 2024, Unair Bagaimana?

Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih saat ditemui di Gedung Rektorat Universitas Airlangga, Jumat, 2 Februari 2024-Wulan Yanuarwati -HARIAN DISWAY

Di sisi lain, Universitas Airlangga melakukan penguatan pada program studi Ilmu Hukum. Tujuannya demi menghasilkan kualitas penegak hukum di Indonesia yang berintegritas dan memiliki moralitas yang tinggi. 

"Sudah lama kita diminta di kawan-kawan Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, Fakultas Hukum kita lebih kuat lagi, kuat dalam arti inputan juga kuat," ujarnya. 

Menurutnya, logika berfikir sangat penting bagi penegak hukum. Ditambah dengan kebahasaan dan secara matematika diperkuat.

Sehingga, lulusan bukan cuma sekedar jadi seorang penghafal draft hukum saja. Apalagi hanya membacakan kasus atau memutuskan perkara dengan hitungan tahun yang itu-itu saja tanpa menggunakan nalar.

Para lulusan dituntut memiliki logika berfikir matang dan berprinsip keadilan. Contoh yang kerap terjadi ialah jangan sampai putusan hukum pencuri ayam lebih berat dengan koruptor yang merugikan jutaan rakyat Indonesia. 

"Harus pintar, benar-benar memiliki logika suatu peristiwa, merancang peristiwa sebagai model tertentu, gak hanya satu faktor tapi faktor lain dilihat," jelasnya. (Wulan Yanuarwati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: