KPU Tambah Durasi Pernyataan Penutup di Debat Capres Terakhir

KPU Tambah Durasi Pernyataan Penutup di Debat Capres Terakhir

KPU tambah durasi pernyataan penutup di Debat Capres terakhir--YouTube KPU RI

HARIAN DISWAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan penambahan durasi pada segmen penutup dalam debat kelima Pilpres 2024. Pada kesempatan ini, para kandidat akan diberikan waktu selama 4 menit untuk menyampaikan pernyataan terakhir mereka.

Debat kelima Pilpres 2024 digelar Minggu ini, 4 Januari 2024. Ini merupakan debat terakhir dalam rangkaian Pilpres 2024. Kali ini, yang tampil adalah ketiga capres. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Di 4 acara debat capres dan cawapres yang sudah berjalan, KPU memberikan waktu 2 menit kepada masing-masing peserta untuk menyampaikan pernyataan penutup atau closing statement.

BACA JUGA:Lengkap! Inilah Closing Statement Tiga Cawapres di Debat Pilpres 2024

Nah, khusus untuk debat terakhir ini, KPU mengumumkan durasi penyampaian closing statement ditambah menjadi 4 menit.


KPU tambah durasi pernyataan penutup di debat capres terakhir.-YouTube KPU-

Meskipun penambahan ini terjadi pada segmen keenam, August Mellaz, salah satu komisioner KPU, menegaskan bahwa total durasi debat secara keseluruhan tetap tidak berubah. Yakni total 120 menit.

Pernyataan August Mellaz ini disampaikan dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 2 Februari 2024. Menurutnya, penambahan durasi pada segmen penutup ini bukanlah hal baru. Dan sudah pernah dilakukan pada Pilpres 2019.

BACA JUGA:Jelang Debat Pilpres Terakhir Bertema Kesehatan, Ini 10 Rekomendasi Pakar Terkait Penanganan Stunting di Tanah Air

August Mellaz menjelaskan, keputusan ini diambil setelah hasil rapat koordinasi yang juga membahas terkait tim pasangan calon membutuhkan waktu lebih untuk menyampaikan visi misi mereka dalam segmen penutup.

"Mengapa penambahan durasi hanya pada debat kelima? Ini sesuatu yang spesial, karena kebutuhan tim paslon," jelas August Mellaz.

"Debat merupakan salah satu metode yang penting dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemilih, dan pada segmen penutup ini. Masing-masing tim merasa perlu untuk memanfaatkan waktu lebih untuk menyoroti visi misi mereka," paparnya.


KPU tambah durasi pernyataan penutup di debat capres terakhir. Foto: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di debat ketiga, 7 Januari 2024.-Yout-

BACA JUGA:Tak Ada Persiapan Khusus untuk Debat Kelima, Anies Bakal Menjawab yang Memformulasikan Gagasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber