Ganjar Kutip Jokowi dalam Closing Statement Debat: Jangan Pilih Pemimpin Diktator dan Otoriter!

Ganjar Kutip Jokowi dalam Closing Statement Debat: Jangan Pilih Pemimpin Diktator dan Otoriter!

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam Debat Capres 2024 Kelima pada Minggu, 4 Februari 2024. -KPU RI-Youtube

HARIAN DISWAY - KPU memberikan waktu yang lebih panjang untuk closing statement di debat capres terakhir, 4 Februari 2024. Setiap capres mendapatkan waktu 4 menit untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Hal itu dimanfaatkan oleh Ganjar Pranowo untuk menyindir lawan politiknya. Ia mengutip ucapan presiden Joko Widodo dalam debat capres 2019, agar tidak memilih calon pemimpin yang berperangai diktator dan otoriter.

"Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan, dan kita diingatkan, untuk tidak memilih calon yang punya rekam jejak pelanggar HAM, yang punya rekam jejak untuk melakukan kekerasan, yang punya rekam jejak masalah korupsi," papar Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Soal Komitmen terhadap Kaum Disabilitas, Ini Jawaban 3 Capres dalam Debat Terakhir

Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut menegaskan bahwa ia dan cawapresnya, Mahfud MD, selalu berpegang teguh pada tiga janji. Yakni taat kepada Tuhan, patuh kepada hukum dan keadilan, dan setia kepada rakyat.


GANJAR kutip Jokowi dalam closing statement debat: Jangan pilih pemimpin diktator dan otoriter!-YouTube KPU-

Ganjar juga mengaku prihatin kepada masyarakat yang seringkali dikecewakan oleh bangsa dan para pemimpinnya. Mulai dari fasilitas Kesehatan yang tidak terpenuhi, pendidikan yang tidak inklusi, lapangan kerja yang tidak mencukupi, hingga persoalan stunting.

"Kita tidak boleh lagi membiarkan kekecewaan itu terulang, dan kemarahan rakyat kemudian muncul lalu mereka menjadi apatis," ujar Ganjar.

BACA JUGA:Debat Pilpres: Ganjar Tak Setuju Program Makan Gratis Prabowo untuk Atasi Stunting

BACA JUGA:Keren! Anies Baswedan Buka Debat Capres Kelima dengan Bahasa Isyarat, Ini Maknanya..

"Kita harus menjaga proses politik demokrasi dengan baik. Kita mesti melawan politik dinasti itu yang didukung oleh mereka yang statementnya sangat terbuka, yang menguasai sepertiga kekayaan Indonesia," tambahnya.

Lebih jauh, Ganjar sempat meyinggung civitas akademika dari kampus-kampus Indonesia yang gencar mengkritik pemerintahan Jokowi saat ini.

"Kita sedang diingatkan agar track demokrasi bisa berjalan dengan baik. Jangan biarkan KKN subur kembali di Indonesia. Kita mesti tegas untuk menegakkan hukum," tandasnya.


GANJAR kutip Jokowi dalam closing statement debat: Jangan pilih pemimpin diktator dan otoriter!-YouTube KPU-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: