Raja Charles III Didiagnosa Kanker, Tetap Jalankan Tugas Negara

Raja Charles III Didiagnosa Kanker, Tetap Jalankan Tugas Negara

RAJA Charles III didiagnosa kanker, tetap jalankan tugas negara.-Chris Jackson-POOL-AFP

HARIAN DISWAY - Raja Inggris, Charles III, didiagnosa menderita kanker. Diagnosa itu muncul setelah Charles dirawat akbat pembengkakan prostat beberapa hari lalu. Namun, yang ia derika bukan kanker prostat.

"Yang Mulia telah dijadwalkan untuk menjalani perawatan reguler mulai Senin (5 Februari 2024, Red). Sehingga ia disarankan untuk rehat dari aktivitas kenegaraan," begitu potongan pernyataan resmi dari Istana Buckingham.

"Namun, selama periode treatment itu, ia akan tetap menjalankan tugas dan kewajiban sebagai raja," lanjut pernyataan tersebut. Istana tidak mengungkapkan dengan detail jenis kanker apa yang menjangkiti Charles III.

BACA JUGA:Daebak! BLACKPINK Dapat Gelar MBE Kehormatan dari Raja Charles III, Ini Alasannya

Menurut BBC, ia sudah mengabari dua anaknya, Pangeran William dan Harry. William, atau Prince of Wales, yang lebih sering diajak bicara. Sedangkan Harry, yang kini tinggal di AS, berencana pulang ke Inggris dalam waktu dekat.


RAJA Charles III didiagnosa kanker, tetap jalankan tugas negara. Foto: Charles dan Camilla tetap pergi ke gereja di Sandringham, 4 Februari 2024.-PA Media-BBC

Raja Charles sudah kembali dari Sandringham ke London pada Senin pagi. Dan ia mulai menjalani treatment sebagai pasien rawat jalan.

Meskipun ia akan beristirahat dari acara-acara kenegaraan, ia akan tetap menjalankan peran konstitusinya sebagai kepala negara. Ia masih menandatangani dokumen-dokumen resmi, dan memimpin rapat-rapat penting.

BACA JUGA:BLACKPINK Hadiri Perjamuan Kerajaan Inggris, Ini Reaksinya Waktu Dipuji Raja Charles III

BACA JUGA:Gaun-Gaun Terbaik Saat Penobatan Raja Charles III, Ratu Thailand Curi Perhatian!

Ada mekanisme konstitusional yang bisa dilakukan jika kepala negara tidak bisa menjalankan tugas. Negara harus menunjuk konselor untuk mewakili Kerajaan. Saat ini, yang bisa mengemban tugas itu adalah Ratu Camilla, Pangeran William, Princess Royal (Putri Anne), dan Pangeran Edward.

Dua nama terakhir adalah adik Raja Charles III. Pangeran Harry dan Duke of York (Pangeran Andrew) tidak dipanggil karena berstatus non-working royals.


RAJA Charles III didiagnosa kanker, tetap jalankan tugas negara. Foto: Pangeran William bisa menggantikan tugas sang ayah jika Charles berhalangan. -AFP-

Pangeran William sendiri baru saja cuti dari tugas-tugas publik karena istrinya, Kate Middleton, sakit. Dia baru saja menjalani operasi perut. Namun, William dipastikan kembali bertugas pada pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc