Siap Gelar Pemilu, Distribusi Logistik di Jawa Timur Sudah 100 Persen

Siap Gelar Pemilu, Distribusi Logistik di Jawa Timur Sudah 100 Persen

Petugas sedang memindahkan kotak suara dari GOR Pancasila Surabaya untuk didistribusikan ke TPS-TPS, Selasa, 13 Februari 2024.-Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari yang ditunggu-tunggu akan segera tiba. Persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), menyambut gelaran pesta demokrasi lima tahunan hari ini, Rabu, 14 Februari 2024.

Di Jawa Timur, Ketua KPU Jatim Choirul Anam memastikan, distribusi logistik pemilu dari KPU Kabupaten/kota ke kecamatan sudah 100 persen lengkap alias tuntas pada H-1 Pemilu.

"Semua sudah terpantau di kecamatan. Lalu hari ini sebagian besar sudah mulai bergeser di kelurahan maupun TPS. Jadi kita pastikan malam ini semua logistik paling tidak sudah ada di kelurahan dan TPS," ungkapnya usai meninjau proses distribusi logistik di GOR Pancasila Surabaya, Selasa, 13 Februari 2024.

BACA JUGA:KPU Jatim Prioritaskan Tiga Pulau 3T dalam Distribusi Logistik Pemilu 2024

BACA JUGA:KPU Jatim Temukan 140 Ribu Surat Suara Rusak: Kertas Sobek hingga Tinta Meluber

Anda sudah tahu, pada pemilu kali ini, KPU Jatim mempriotaskan distribusi logistik di tiga daerah 3T (tersulit, terjauh dan terluar).

Yaitu Pulau Masalembu dan Pulau Sapekan, Kabupaten Sampang, serta Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Logistik ketiga daerah tersebut sudah didistribusikan lebih awal. Tanggal 3 Februari untuk distribusi ke pulau Sapekan dan Masalembu.

Berlanjut tanggal 5 Februari ke pulau Bawean. Kemudian bagi kabupaten/kota lainnya dengan wilayah daratan, logistik baru bergeser menuju masing-masing kecamatan pada 8 Februari 2024.

"Semua sudah aman terkendali, meskipun kami juga punya plan B kalau kemudian cuaca tidak mendukung. Tetapi ternyata cuaca juga kondusif sehingga kami cuma menggunakan kapal reguler tidak perlu menggunakan kapal TNI maupun Polri," terangnya.

Dari 120.666 TPS di Jatim, KPU sudah menyiapkan 416 TPS khusus. Meliputi lokasi rutan, rumah sakit, kampus, dan pondok pesantren. Sementara untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang menggunakan haknya juga sudah dipetakan.

Surat suara akan didistribusikan ke TPS terdekat dengan jumlah kurang lebih 4.000 pemilih (data bergerak). "Insya Allah tidak ada problem. Tidak akan ada TPS yang sampai kehabisan Surat suara," tandasnya.

BACA JUGA:KPU Jatim Pastikan Surat Suara Aman dari Pengerusakan

BACA JUGA:KPU Jatim Minta Petugas KPPS Dilindungi BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: