KPU Jatim Prioritaskan Tiga Pulau 3T dalam Distribusi Logistik Pemilu 2024

KPU Jatim Prioritaskan Tiga Pulau 3T dalam Distribusi Logistik Pemilu 2024

Suasana tempat penyimpanan perlengkapan pemilu di pergudangan Margomulyo Surabaya.-Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAYKomisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) mulai merancang pendistribusian logistik untuk Pemilu 2024 menuju setiap kecamatan di Jawa Timur. 

Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim Miftahur Rozaq menuturkan, distribusi logistik ke kecamatan akan dilakukan mulai awal Februari. Ada tiga daerah yang diprioritaskan KPU Jatim. Yaitu, Pulau Bawean, Pulau Sapekan, dan Pulau Masalembu.

BACA JUGA: Polres Pamekasan Amankan Gudang Logistik Pemilu

BACA JUGA: Polrestabes Surabaya Mulai Jaga Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu 2024

Tujuan pertama adalah Pulau Bawean. Logistik akan dikirimkan KPU Kabupaten Gresik paling cepat tanggal 2 Februari.

Untuk Pulau Sapekan dan Pulau Masalembu, logistrik baru didistribusikan KPU Kabupaten Sumenep pada 3 Februari melalui Pelabuhan Kalianget. 

"Kami menyesuaikan medan dan jadwal kapal. Mengingat, kapal yang ke Pulau Sapeken, Masalembu, dan Bawean ini hanya beberapa minggu sekali. Maka dari itu, mempriotaskan daerah 3T (terluar, tersulit, dan terjauh)," ujar Rozaq kepada Harian Disway saat dihubungi melalui pesan WhatsApp Selasa, 30 Januari 2024.

BACA JUGA: KPU Jatim Temukan 140 Ribu Surat Suara Rusak: Kertas Sobek hingga Tinta Meluber

BACA JUGA: KPU Jatim Pastikan Surat Suara Aman dari Pengerusakan

Sementara itu, bagi kabupaten/kota lainnya, dengan wilayah daratan, logistik baru bergeser menuju setiap kecamatan pada 8 Februari. "Untuk yang di darat akan mulai didistribusi H-4 atau H-3. Yang pasti, H-1 semua sudah beres," ungkapnya.

Seperti diketahui, proses pelipatan dan sortir surat suara di 38 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur sudah rampung. “Seluruh surat suara sudah dilipat dan disimpan di gedung logistik KPU kabupaten/kota masing-masing,” tandas Rozaq. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: