8 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu dengan Mudah dan Cepat

8 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu dengan Mudah dan Cepat

8 Cara menghilangkan tinta Pemilu dengan mudah dan cepat--ilustrasi

HARIAN DISWAY - Sudah nyoblos, kan? Sudah puas juga menikmati berbagai macam promo khusus Pemilu 2024 di resto dan tempat belanja? Nah, saatnya menghilangkan tinta di jari kelingking.

Setiap 5 tahun sekali, Indonesia merayakan pesta demokrasi. Partisipasi kita dalam Pemilu ditandai dengan tinta berwarna ungu di jari kelingking (atau jari mana saja). Tinta ungu itu adalah bukti bahwa seseorang ikut menentukan masa depan negara.

Namun, setelah pesta demokrasi selesai, menghapus tinta ungu di jari bisa menjadi tantangan tersendiri.

BACA JUGA:Deretan Promo Pemilu 2024, Mulai dari Diskon Belanja Sampai Wisata

Tinta memang tidak mudah dihapus. Tinta ini sengaja dirancang untuk bertahan lama dan sulit dihapus. Sehingga tidak ada orang yang bertindak curang dengan mencoblos lebih dari sekali.

Bahkan, tinta bisa bertahan di jari dan kuku hingga beberapa hari setelah Pemilu berlangsung. Sehingga mencuci jari dengan air dan sabun mandi biasa tidaklah cukup.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tinta ungu setelah Pemilu. Namun, perlu diingat bahwa hasilnya bisa bervariasi. Tergantung jenis tinta dan jenis kulit.

BACA JUGA:Jangan Golput! Ini Daftar Promo Makanan dan Minuman Saat Pemilu 2024

1. Alkohol

Anda dapat menggunakan alkohol untuk menghapus tinta pemilu. Langkah-langkahnya sederhana. Tuangkan sedikit alkohol ke kapas, lalu gosokkan kapas tersebut ke jari atau bagian tubuh yang terkena tinta hingga nodanya hilang. Setelah itu, pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan air dan sabun untuk menghilangkan sisa alkohol.

2. Aseton


8 CARA menghilangkan tinta pemilu dengan mudah dan cepat.-Pexels-

Anda juga dapat menggunakan aseton untuk menghapus tinta pemilu. Aseton merupakan senyawa kimia yang sering digunakan untuk membersihkan kuteks dari kuku. Caranya mirip dengan penggunaan alkohol sebelumnya. Cukup teteskan aseton ke kapas, dan gosok jari yang terkena tinta hingga bersih.

BACA JUGA:Quick Count LSI di 2.000 TPS, Prabowo Unggul 57,26%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber