Sempat Dipertahankan 03, Prabowo-Gibran Menangi Jawa Tengah

Sempat Dipertahankan 03, Prabowo-Gibran Menangi Jawa Tengah

Pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani--

JAKARTA,  HARIAN DISWAY - Quick count pemilu 2024 dari hasil perhitungan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran menguasai Jawa Tengah.

Anda sudah tahu: seharusnya wilayah Jawa Tengah adalah basis PDIP. Ganjar Pranowo menjabat gubernur di sana.

Pada pukul 18.45 WIB, SMRC mencatat total 56.621 sample suara sah dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah dipimpin oleh paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran, dengan total 51,8% suara.

Sedangkan perolehan suara paslon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud, hanya mencapai angka 35,07% suara. 

Sebelumnya, kunjungan Ganjar ke provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 4 Januari 2024 lalu, dilakukan demi memfokuskan kampanye pemilu 2024 di wilayah pulau Jawa, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BACA JUGA:Alam Ganjar Mengantar Ayahnya Mencoblos: 'Saya Yakin Bapak Menang'

Tak hanya itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga sampaikan tujuan pribadinya yakni untuk melepaskan rindu pada wilayah yang pernah ia pimpin. 

Lebih lanjut, paslon 03 tidak hanya pupus harapan di wilayah Jawa Tengah, hasil quick count  SMRC mencatat perolehan suara mereka juga tak memuaskan di Jawa Timur dan Jawa Barat. 

Wilayah Jawa Timur sendiri dipimpin paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran, dengan perolehan 65,23% suara, sedangkan paslon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud, berada di angka 17,78% suara. 

BACA JUGA:Ganjar Terbang ke Jakarta Usai Nyoblos di Semarang: Menang Kalah Sama Saja

Tidak jauh berbeda, wilayah Jawa Barat juga dimenangi paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran dengan perolehan 57,6% suara, sedangkan paslon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud, berada di angka 10,36% suara.(Isro Nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: