Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI, Fasilitas 1.000 Bed dan 11 Ruang Operasi

Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI, Fasilitas 1.000 Bed dan 11 Ruang Operasi

Prabowo dan Jokowi meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Bintaro Senin, 19 Februari 2024-Kemenhan-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman

Pada kesempatan yang sama, Presiden juga sekaligus meresmikan 25 RS TNI lainnya. Peresmian bertempat di Gedung RSPPN, Bintaro, Jakarta, Senin, 19 Februari 2024.

Dalam laporannya, Prabowo menyebut, pembangunan RSPPN Panglima Besar Soedirman terdiri dari 28 lantai dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang membuatnya menjadi RS TNI terbesar di Indonesia saat ini.

BACA JUGA:Khofifah Resmikan Rumah Sakit Mata Lima Lantai di Ketintang, Setahun Layani 67.738 Pasien

RSPPN memiliki fasilitas berupa ruang inap dengan kapasitas 1.000 tempat tidur, 11 ruang operasi, 11 ruang intensive care (ICU/ICCU/NICU/PICU) 90 tempat tidur, dengan IGD berkapasitas 55 tempat tidur.


Menhan Prabowo dan Presiden Jokowi meninjau ruang CT Scan dan MRI di RSPPN Bintaro-Kemenhan -

"Sehingga, (RSPPN) akan menjadi RS terbesar TNI," kata Prabowo.

Sementara itu, 25 RS TNI lainnya yang diresmikan pada kesempatan yang sama tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia. 

Puluhan RS itu terdiri dari 11 RS TNI AD, 3 RS TNI AL, dan 6 RS TNI AU yang lokasinya berada di sekitar pangkalan TNI dan pemukiman masyarakat.

BACA JUGA:Masih Bersarung, Presiden Jokowi Resmikan 3 Rumah Sakit di Surabaya Sekaligus

Harapannya, keberadaan rumah sakit-rumah sakit itu akan bermanfaat bagi para prajurit TNI, keluarga TNI, serta masyarakat.

"Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah membangun RSPPN beserta 25 RS TNI lainnya dengan total 26 RS baru, di mana 5 RS lainnya telah terlebih dahulu diresmikan pada tahun 2023," kata Prabowo.

Adapun 21 RS TNI yang diresmikan meliputi: 

  1. 11 RS TNI AD berlokasi di Pangkalpinang, Padang, Aceh, Atambua, Bima, Gorontalo, Mamuju, Tanjung Selor, Samarinda, Manokwari dan Sorong.
  2. 3 RS TNI AL di Pontianak, Padang, dan Sorong. Serta 6 RS TNI AU di Solo, Malang, Madiun, Subang, Bandung dan Pekanbaru.

Sementara itu, Jokowi dalam sambutannya mengapresiasi pembangunan puluhan rumah sakit yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: