Bacaan Doa dan Amalan di Malam Nisfu Syaban

Bacaan Doa dan Amalan di Malam Nisfu Syaban

Bacaan Doa dan Amalan Pada Malam Nisfu Syaban--Ilustrasi

HARIAN DISWAY - Doa malam Nisfu Syaban dapat menjadi amalan bagi seorang Muslim yang mengharapkan ampunan dari Allah SWT. Tradisi mengamalkannya dilakukan pada pertengahan bulan Syaban.

Pada waktu tersebut, umat Islam mengkhususkan diri dalam memperbanyak amal saleh, termasuk di antaranya adalah berdoa.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban dalam kalender Hijriah. Tahun ini, Malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 25 Februari 2024, sehingga malam tersebut bertepatan dengan tanggal 24 Februari 2024.

Oleh karena itu, seseorang yang ingin mengamalkan doa Malam Nisfu Syaban dapat melakukannya pada Sabtu, 24 Februari 2024 atau setelah Maghrib.

Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebanyak mungkin dalam menyambut Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban menjadi waktu yang tepat untuk memohon pertolongan dan rahmat Allah SWT.

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا ياَ كَرِيْمُ.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah kami wahai dzat yang maha mulia. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu pengampunan, kesehatan dan pemeliharaan yang berkesinambungan dalam hal agama, dunia dan akhirat."

BACA JUGA:Apakah Boleh Puasa Sunnah dan Qadha Setelah Nisfu Syaban?

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya bahwa malam Nisfu Syaban termasuk dalam lima malam istimewa di mana doa-doa akan dijawab oleh Allah SWT. Doa-doa yang dibaca pada malam tersebut memiliki makna yang penting bagi umat Muslim yang mengharapkan ampunan dan berkah dari Allah SWT. Rasulullah SAW menyampaikan,

"Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, malam Jumat, malam pertama di bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam Hari Raya Idul Adha dan Fitri." (HR Al Baihaqi)

Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allaahumma innaka 'afuwwung- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat."

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Sejarah dan Hukum Memperingati Nisfu Syaban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: