Pemerintah Resmi Naikkan Kuota Pupuk Subsidi Menjadi 9,55 juta Ton Pada Tahun 2024

 Pemerintah Resmi Naikkan Kuota Pupuk Subsidi Menjadi 9,55 juta Ton Pada Tahun 2024

Kabar Gembira untuk Para Petani, Jumlah Pupuk Subsidi dinaikkan Menjadi 9,55 juta Ton Selama 2024. Foto : Amran Sulaiman (Menteri Pertanian)--instagram resmi Kementan @kementerianpertanian

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengumumkan bahwa pemerintah akan menaikkan jumlah pupuk bersubsidi dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton pada anggaran tahun 2024.

Kabar baik tersebut ia sampaikan setelah menghadiri Sidang Kabinet Paripurna bersama dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin 26 Februari 2024.

“Ini kabar baik untuk petani seluruh Indonesia, diputuskan dalam ratas (rapat terbatas) atas arahan dan keputusan bapak Presiden, jumlah kuantum pupuk dari anggaran 2024 4,7 juta ton dinaikkan menjadi 9,55 juta ton,” kata Amran.

BACA JUGA: Gagal Panen Akibat Banjir, Petani Terima Bantuan Pemerintah

Dengan adanya penambahan jumlah pupuk bersubsidi, Amran berharap agar para petani di Indonesia tidak perlu risau dan merasa khawatir soal pupuk karena menurutnya presiden telah memenuhi kebutuhan para petani.

Pria berdarah Makassar tersebut juga berharap para petani dapat semakin fokus meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan swasembada pangan.

Sementara itu, terkait ketersedian beras diperkirakan akan ada penambahan pasokan seiring dengan panen raya pada bulan mendatang.

Ia mengatakan perkiraan produksi beras pada bulan Maret mencapai 3,5 juta ton, kemudian April dan Mei dapat melampaui kebutuhan rata-rata.

BACA JUGA: Kemendagri Imbau Pemda Koordinasi dengan Bulog Bantu Salurkan Beras SPHP

Amran juga menegaskan, pihaknya akan melakukan upaya dalam mengurangi dampak dari El Nino terhadap sektor pertanian. (Rifa Zahra Fadhila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: