Breaking News! PPP Pastikan Dukung Hak Angket

Breaking News! PPP Pastikan Dukung Hak Angket

Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy di rumahnya di kawasan Condet, Jakarta Timur, Selasa, 27 Februari 2024. . -Tomy Gutomo-Harian Disway-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kekuatan pengusung hak angket semakin solid. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang selama ini masih maju mundur, telah memastikan akan mendukung hak angket yang diusulkan oleh Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Keputusan PPP itu disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy. "Sudah diputuskan bahwa PPP setuju untuk ikut memperjuangkan hak angket," ujar Rommy–sapaan Romahurmuziy saat ditemui Harian Disway di rumahnya di kawasan Condet, Jakarta Timur, Selasa, 27 Februari 2024. 

Menurut Rommy, Pilpres 2024 adalah pemilu paling brutal yang pernah terjadi di Indonesia. Bahkan mungkin adalah pemilu dengan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) terbanyak di dunia. Levelnya sedikit di bawah Orde Baru. 

BACA JUGA:Mahfud MD Jelaskan Efek Hak Angket DPR, Tidak Bisa Ubah Hasil Pemilu, tapi...

BACA JUGA:Penggunaan Hak Angket DPR Juga Bermanfaat Bagi Kubu Prabowo-Gibran

Rommy juga yakin bahwa usulan hak angket akan mulus di DPR. Kekuatan partai pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud Md ditambah pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mayoritas di DPR

Jumlah kursi pendukung hak angket adalah  314 kursi terdiri dari 128 kursi PDIP, 59 kursi Nasdem, 58 kursi PKB, 50 kursi PKS, dan 19 kursi PPP.  Sedangkan kursi parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah 286 kursi milik Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PAN. 

Ada kekhawatiran kekuatan pengusung hak angket gembos karena sebagian anggota DPR saat ini tidak lolos ke Senayan pada Pileg 2024. Namun kekhawatiran itu ditepis oleh Rommy. Menurutnya, semua anggota DPR dari partai pengusung paslon nomor 1 dan 3 saat ini solid. 

Menurut Rommy, dengan hak angket nanti, panitia angket akan membuka semua fakta bahwa ada kecurangan besar dalam Pemilu 2024. Penggunaan hak angket merupakan bagian dari perjuangan melalui jalur politik. Perjuangan melalui jalur hukum juga tetap akan dilakukan agar sejarah Pemilu  dan demokrasi di Indonesia bisa diselamatkan. 

Rommy justru mempertanyakan parpol yang menolak wacana hak angket. Itu menunjukkan bahwa parpol-parpol tersebut terlibat dalam kecurangan Pemilu. "Kalau tidak salah mengapa takut denganhak angket," ujar Cicit Pendiri NU KH Wahab Hasbullah itu. 

BACA JUGA:Buka Suara Terkait Hak Angket, Surya Paloh Ingatkan Pentingnya Menghargai Hak Konstitusional

BACA JUGA:Ini Alasan TPN Ganjar-Mahfud Pilih Hak Angket DPR Ketimbang Lapor MK

Dengan kepastian sikap PPP ini, berarti semua parpol pengusung palson nomor urut 1 dan 3 sudah bulat akan menggulirkan hak angket pada sidang perdana DPR pada 5 Maret nanti. Sebelumnya PPP belum bersikap soal usulan hak angket tersebut. 

Usulan hak angket ini pertama kali disampaikan oleg Ganjar Prabowo. Capres yang mendapat suara 17 persen dalam hitung cepat lembaga survei maupun real count KPU itu meminta DPR menggunakan hak angket untuk membuka fakta adanya kecurangan TSM dalam Pilpres 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: