Otorita Ibu Kota Nusantara Beberkan Para Investor dalam Groundbreaking Tahap 5 IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara Beberkan Para Investor dalam Groundbreaking Tahap 5 IKN

Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.-setkab-

HARIAN DISWAY - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) beberkan beberapa investor yang akan lakukan groundbreaking kelima di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 29 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono menjelaskan bahwa di antara investor tersebut adalah pihak perbankan smart-nya, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Bankaltimtara.

"Groundbreaking kelima bersandarkan pada satu tema yang sangat kuat yakni mulai terbangunnya layanan perbankan," tutur Agung Wicaksono dalam forum Media Briefing secara daring Selasa 27 Februari 2024.

BACA JUGA: Enam Ribu ASN Pindah Ke IKN Bulan September 2024, Molor Sebulan dari Yang Direncanakan

Berdasarkan penjelasan Agung, dimulainya pembangunan pada layanan perbankan bermula dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak OIKN dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Nantinya, pada groundbreaking kelima akan disediakan pusat layanan perbankan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Pembangunan kantor cabang perbankan di IKN bertujuan untuk mendukung kelancaran aktivitas keuangan Nusantara. 

Selain itu, IKN juga ditargetkan untuk menjadi kota pintar melalui sektor smart city dan telekomunikasi. Dapat dilihat dari pembangunan smart office oleh Telkom Indonesia yang menjadi dasar pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

BACA JUGA: 36 Rumah Tapak Menteri di IKN Rampung Juli

Pembangunan mini studio Nusantara oleh TVRI dan launching Command Center Nusantara di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK). Dimana Command Center ditujukan untuk mempermudah pemantauan pembangunan proyek proyek di IKN.

"Jadi di sinilah kita melihat IKN ini mengokohkan diri sebagai smart city, infrastrukturnya ada, kemudian kendalinya dilakukan secara terpusat melalui command center, dan juga kemudian ada studio yang akan menjangkau warga Indonesia di berbagai belahan bumi Nusantara di Indonesia dilakukan tepat di area IKN," terangnya.

Di samping itu, dalam pemenuhan sektor layanan masyarakat, OIKN berhasil menggandeng BPJS Kesehatan untuk turut mengikuti groundbreaking tahap lima di IKN. 

"Kita ingat bahwa di tahun lalu sudah ada groundbreaking oleh BPJS Ketenagakerjaan dan pada awal tahun ini kita lakukan groundbreaking BPJS Kesehatan," pungkas Agung. (Hayu Anindya Azzahra) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: