Hadiri Groundbreaking Tahap Lima di IKN, Presiden Jokowi: Pengelolaannya Harus Terapkan Konsep Smart City

Hadiri Groundbreaking Tahap Lima di IKN, Presiden Jokowi: Pengelolaannya Harus Terapkan Konsep Smart City

HARIAN DISWAY - Dalam pelaksanaan groundbreaking tahap lima di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Groundbreaking tahap lima IKN ini dilaksanakan pada Kamis, 29 Februari 2024. Dalam satu hari, setidaknya ada tiga titik lokasi groundbreaking  yang didatangi oleh AHY.

Adapun kegiatan groundbreaking kali ini dilakukan terhadap sejumlah gedung perbankan BUMN antara lain Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), serta Bank Rakyat Indonesia (BRI).

BACA JUGA: Kemendikbudristek Soal Dosen PTS: Tidak Ada Alokasi Anggaran untuk Gaji Pokok dan Tunjangan

Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar gedung-gedung perbankan BUMN tersebut bisa menjadi pendukung pertumbuhan ekosistem digital dan menarik "digital nomad" dari seluruh dunia untuk ikut serta beraktivitas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kemudian, Presiden Jokowi juga kembali menegaskan bahwa IKN harus dikelola dengan menerapkan konsep "forest city" dan "smart city" guna mengembangkan IKN yang berkelanjutan, bebas polusi, dan didukung oleh transportasi umum berbasis listrik.

Dalam agenda kali ini, Presiden Joko Widodo beserta rombongan juga meninjau Istana Presiden tepatnya di lapangan upacara yang nantinya direncanakan akan digelar upacara 17 Agustus mendatang di IKN.

BACA JUGA: Ikut Rapim di Mabes, Menko Polhukam Hadi Harapkan Sinergi TNI dan Polri Terus Terjaga

Groundbreaking tahap lima ini dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

Selain itu, hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Yulia Jaya Nirmawati, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Sigit Raditya, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Timur Asnaedi beserta jajaran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian atr/bpn